Dark/Light Mode

Kesibukan Akhir Pekan

Anies Jalani Rutinitas Bapack-bapack

Senin, 24 Oktober 2022 06:50 WIB
Potret Anies Baswedan bermain burung setelah tak lagi menjabat. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)
Potret Anies Baswedan bermain burung setelah tak lagi menjabat. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah lengser sebagai orang nomor 1 di DKI Jakarta, Anies Baswedan masih aktif membagikan aktivitasnya lewat media sosial miliknya. Kesibukannya juga tak melulu urusan politik. Di akhir pekan kemarin misalnya, Anies posting video sedang mengurus burung-burung piaraannya. Menariknya, Anies menulis keterangan dalam postingannya itu pake bahasa medsos, yakni menggantikan kata “bapak-bapak” menjadi “bapack-bapack.”

Postingan itu, dibagikan Anies lewat seluruh akun media sosial miliknya; Instagram, Facebook, Twitter hingga di kanal YouTube Anies Baswedan. Video berdurasi 1 menitan itu, memperlihatkan Anies sedang ngedeprok di atas rumput, di belakang rumahnya, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Di hadapan Anies, berderat sangkar burung yang model dan bentuknya berbeda-beda. Setiap sangkar itu, berisi burung dari jenis yang berbeda-beda. Mulai dari cucakrowo, jalak, anis merah, murai batu, cucak ijo, cucak rowo hingga murai. Anies yang mengenakan kaos hitam dengan setelan celana jeans hitam, tampak serius membersihkan kandang burung dengan selang air dari tangannya.

Baca juga : Asyik Ngurus Burung, Anies Jalani Rutinitas Bapack-bapack

Beres bersihkan kandang burung, Anies gantian memandikan burung-burung rawatannya. Kali ini, Anies menggantikan semprotan dari botol penyiram bunga. Sesekali bibirnya mengeluarkan siulan seolah berinteraksi dengan burung piaraannya.

“Alhamdulilah, sekarang bisa lebih serius menjalani rutinitas bapack-bapack di akhir pekan,” tulis Anies.

Untuk diketahui, Anies bukanlah pendatang baru di dunia burung. Sudah sejak kecil, Anies memang hobi memilihara burung. Bahkan, saat dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta, hobinya terhadap burung tidak padam. Hanya, kesibukannya sebagai DKI 1, membuat interaksinya dengan burung-burung piaraannya sangat terganggu.

Baca juga : KSP Pastikan Agenda Pembangunan Tetap Jalan Di Tengah Krisis

Pengakuan Anies soal burung itu pernah diungkapkannya saat menghadiri Kompetisi Kicau Burung di Lapangan Banteng, Jakarta, Agustus (7/8) lalu. Anies yang datang untuk membuka kompetisi itu, menceritakan bila dirinya sudah akrab dengan burung sejak dari bangku SD.

“Jadi ketika dulu saya masih SD, SMP kelas satu saya pelihara burung, burung kicau,” cerita Anies, kala itu.

Burung pertama yang dipelihara mantan rektor Universitas Paramadina itu adalah jalak. Saat itu, dirinya mengaku belum mampu membeli cucakrowo ataupun murai. “Alhamdulillah, sekarang saya punya. Di rumah saya punya anis merah, murai batu, cucak ijo, cucak rowo selain burung seperti yang kecil-kecil,” lanjut dia.

Baca juga : Sampaikan Pidato Perpisahan, Anies Ucap Perjalanannya Untuk Bangsa Masih Panjang

Ada berapa banyak koleksinya? Tidak banyak. Anies bilang cuma 15 ekor. Tiga di antaranya ditaruh di Balai Kota. Jadi kadang-kadang kalau saya masih telepon pagi tuh orang ngira main burung ‘Pak di rumah?’ Enggak saya main burung di kantor,” cerita Anies.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.