Dark/Light Mode

Seleksi ASN-PPPK Dibuka

Ayo, Semangat Persiapkan Diri

Rabu, 26 Oktober 2022 06:30 WIB
Seleksi pppk.
Seleksi pppk.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah merilis jadwal seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), khusus jabatan fungsional (JF) Guru periode tahun 2022, kemarin.

Terdapat tiga prioritas pelamar Apatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN-PPPK). Ketentuan itu teruang dalam Surat Keputusan Mendikbudristek Nomor 349/P/2022 ten­tang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Seleksi Calon PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun 2002 yang ditandatangani Menteri Nadiem Makarim.

Prioritas pertama merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru Tahun 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas, tetapi belum mendapatkan formasi.

Baca juga : KAI Resmi Ajukan PK Untuk Amankan Aset Perusahaan

Prioritas kedua, Tenaga Honorer eks Kategori (THK) II yang tidak termasuk dalam THK-II pada kategori pelamar prioritas I.

Prioritas ketiga, guru non ASN yang tidak termasuk dalam guru non ASN kategori pelamar prioritas I di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), dan memili­ki keaktifan mengajar minimal tiga tahun atau setara dengan enam semester pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Pengumuman seleksi akan disam­paikan melalui laman resmi PPPK Guru 2022, gurupppk.kemdikbud.go.id maupun website resmi masing-masing instansi.

Baca juga : 61 Saksi Akan Dihadirkan Ke Persidangan Pembunuhan Brigadir J

Setelah seleksi PPPK Guru diumum­kan, akan berlangsung proses pendaft­aran secara online melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), sscasn.bkn.go.id, yang berlangsung selama dua pekan pada 25 Oktober sampai 7 November 2022.

Netizen mengajak masyarakat yang akan mendaftar seleksi PPPK segera mempersiapkan diri dari sekarang. Seleksi penerimaan PPPK sudah di depan mata. “Semangat belajar,” saran @Widyamedikaw.

Akun @astronuts55 menyarankan, PPPK Guru yang sudah lulus passing grade pada 2021 bersiap-siap. Soalnya, tanggal 25 Oktober tinggal penempatan saja. “Sedangkan yang pelamar umum sabar dulu,” ujarnya.

Baca juga : Berdikari Dukung Keamanan Pasokan Pangan Di Jabar

Menurut @Macam_cara, pendaftaran serentak seleksi PPPK 2022 dibuka pada 25 Oktober. Dia bilang, berbahagialah bagi honorer pada dua formasi ini, yaitu formasi guru dan tenaga kesehatan (na­kes).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.