Dark/Light Mode

Kalau APBN Surplus

Bansos Mau Dinaikin, Amin

Rabu, 26 Oktober 2022 07:55 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan bantuan sosial kepada para pedagang pasar dan PKL di Pasar Klandasan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (25/10/2022). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi menyerahkan bantuan sosial kepada para pedagang pasar dan PKL di Pasar Klandasan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (25/10/2022). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Eks Wali Kota Solo itu pun berharap, bansos tersebut da­pat meningkatkan daya beli masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami harapkan, dengan ban­tuan ini konsumsi masyarakat bisa terjaga dan daya beli bisa terjaga. Ini akan mempengaruhi growth (pertumbuhan) ekonomi, baik di daerah maupun di negara kita,” harapnya.

Dalam momentum tersebut, Ida Fauziyah menjelaskan, pe­nyaluran BSU sudah memasuki tahap VI dan disalurkan mela­lui bank yang tergabung da­lam Himpunan Bank Negara (Himbara).

Baca juga : Demokrat Apa Mau Dikendalikan Paloh

“Kalau tahap VI totalnya sudah disalurkan 71,64 persen. Sisanya, mereka yang tidak memiliki bank Himbara akan kami salurkan melalui PTPos Indonesia,” jelasnya.

Ida mengemukakan, khusus untuk jumlah calon penerima BSU di Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 393.819 orang.

Dari jumlah tersebut, BSU yang sudah disalurkan sampai tahap VI sebanyak 251.300 orang atau 63,81 persen.

Baca juga : HNW Pantau Penyaluran Bansos 33 Korban Anak Kanjuruhan

Dia mengatakan, saat ini data sudah dalam proses di PT Pos Indonesia. Prosesnya sudah sampai tahap cleansing.

“Dana sudah disalurkan ke PT Pos masing-masing daerah, dan akan disalurkan Insya Allah dua hari ke depan,” imbuhnya.

Ida menerangkan, penyaluran BSU juga dilakukan lewat PT Pos Indonesia. Soalnya, tidak semua penerima BSU memi­liki nomor rekening bank yang tergabung dalam Himbara atau memiliki rekening yang ber­masalah.

Baca juga : Warga Sumsel Dukung Bos Kadin Jadi Pemimpin Nasional

“Dengan demikian, kami ber­harap dalam waktu tidak lama semuanya akan selesai tersalur­kan. Baik yang melalui Himbara maupun PT Pos Indonesia,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.