Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Periksa Lukas Enembe, Ketua KPK Didampingi Kapolda Dan Pangdam XVII

Kamis, 3 November 2022 12:05 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe. (Foto: Ist)
Gubernur Papua Lukas Enembe. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius Fakhiri bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mendampingi Ketua KPK RI Firli Bahuri menuju ke kediaman pribadi Gubernur Papua Lukas Enembe di Koya Tengah, Kota Jayapura, Kamis (3/11) siang.

Sebelumnya, mereka menggelar pertemuan tertutup di ruang Kapolda Papua sekitar 2 jam lamanya. Usai pertemuan, rombongan Kapolda Fakhiri dan KPK RI ke Koya Tengah guna pemeriksaan Lukas Enembe sebagai tersangka dugaan kasus korupsi ini, dikawal ketat sejumlah aparat kepolisian dan juga TNI.

Dalam rombongan itu juga tampak beberapa orang dokter dari IDI Pusat dan dokter dari KPK. Sayangnya, Kapolda Fakhiri dan Firli Bahuri enggan memberikan komentar usai menggelar pertemuan.

Baca juga : Siang Ini, KPK Periksa Lukas Enembe Di Rumahnya

Ia bersama rombongan langsung naik ke mobil dan informasinya akan langsung menuju ke kediaman Gubernur Papua di daerah Koya Tengah.

Sementara itu menanggapi rencana pemeriksaan KPK terhadap kliennya, kuasa hukum Lukas Enembe, Aloysius Renwarin memastikan, Gubernur Lukas Enembe dan keluarga telah siap diperiksa.

"Pada intinya keluargs besar dan bapak Gubernur Lukas Enembe sudah siap untuk diperiksa KPK di kediamannya di Koya," ungkap kuasa hukum gubernur Papua, Alosius Renwarin, Kamis (3/11).

Baca juga : Adri Lazuardi Kembali Pimpin Yayasan BPK Penabur

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Tim Hukum Dan Advokasi Gubernur Papua (THAGP) membenarkan ihwal rencana pemeriksaan KPK terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe pada hari ini sekira pukul 13.00 WIT.

Ketua THAGP Stefanus Roy Rening menegaskan, pada prinsipnya kliennya menghormati hukum dan siap diperiksa penyidik KPK.

Namun, THAGP berharap penyidik KPK mengedepankan HAM (Hak Asasi Nanusia) dan kemanusiaan dalam pemeriksaan ini, mengingat kondisi kesehatan Lukas Enembe yang sedang tidak normal.

Baca juga : Ketua MPR Ajak Aliansi Kebangsaan Tebarkan Narasi Kebangsaan

“Karena Pak Lukas Enembe kan masih dalam keadaan sakit dan masih menjalani perawatan lanjutan dari tiga dokter spesialis (syaraf, ginjal dan jantung) yang didatangkan dari RS Mount Elisabeth Singapura. Pak Firli, dalam pernyataannya di media massa, mengatakan, pihaknya menjunjung tinggi asas-asas, tugas pokok KPK, di antaranya menjunjung HAM. Karena itu, kami dari tim hukum, berharap pemeriksaan mengedepankan HAM dan Kemanusiaan,” tandas Roy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.