Dark/Light Mode

Vaksin Covid Anak Bangsa Lagi Disiapkan Buat Booster

Rabu, 9 November 2022 07:35 WIB
Kepala BPOM Penny Lukito. (Foto: Setkab)
Kepala BPOM Penny Lukito. (Foto: Setkab)

 Sebelumnya 
Dia mengatakan, PT Bio Farma juga sudah menyampai­kan keinginannya untuk menda­patkan EUA IndoVac pada World Health Organization (WHO).

Pihak WHO, saat ini juga tengah melakukan komunikasi dengan BPOM untuk memberi dukungan EUA pada vaksin IndoVac.

Sedangkan vaksin lokal kedua, vaksin Inavac yang diproduksi dari hasil kerjasama pe­nelitian di Universitas Airlangga dengan produsen PT PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Baca juga : Andi Arief Perang Lagi Dengan Hasto

Penny bilang, Inavac juga sudah diberikan EUA authorization untuk vaksinasi primer dewasa berusia di atas 18 tahun dua dosis.

Vaksinasi primer dewasa ini untuk rentang jarak waktunya dari dosis pertama untuk menda­patkan yang kedua memiliki rentang waktu 28 hari. Izin EUA sudah diterbitkan BPOM pada 1 November 2022.

“Saat ini juga sedang da­lam finalisasi dari pemberian EUA booster heterolog dewasa. Sekarang data sudah masuk ya. Perkiraannya, jika semua ber­jalan dengan baik akan diberikan sekitar minggu kedua November ini,” ungkap Penny.

Baca juga : Tak Ada Bukti Subvarian Covid Sekarang Lebih Ganas

Setelah itu, Inavac akan mulai digunakan pada minggu kedua November ini. Sedangkan uji klinik yang masih berjalan untuk Inavac yaitu untuk booster heterolog dewasa terhadap vaksin Inactivated Sinovac.

Sementara, Direktur Transformasi & Digital Bio Farma Soleh Ayubi mengatakan, tahun ini Bio Farma menargetkan dapat mem­produksi 20 juta dosis vaksin IndoVac.

Harapannya, Bio Farma dapat meningkatkan produksi vaksin tersebut hingga mencapai 120 juta dosis pada tahun 2023.

Baca juga : Bangga, Bukti Indonesia Bisa!

“Kami menyadari stok vaksin Covid-19 di beberapa daerah mulai berkurang, sehingga kami perlu terus menggenjot produksi vaksin IndoVac,” ucap dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.