Dark/Light Mode

Manfaat G20 Untuk Rakyat (3)

Penari Banjir Panggilan

Rabu, 16 November 2022 06:40 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022)., disambut tari pendet Kedatangan Presiden Amerika Serikat tersebut untuk mengikuti KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November. (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym).
Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022)., disambut tari pendet Kedatangan Presiden Amerika Serikat tersebut untuk mengikuti KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November. (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym).

 Sebelumnya 
“Untuk honor ada. Tapi saya belum tahu berapa karena nanti dari dinasnya dikasih berapa gitu budget-nya terus dibagi-bagi lagi (untuk tim),” paparnya.

Tidak lama Mita memaparkan tentang honor, ia bersama timnya langsung bergegas menuju area pesawat landing.

Di tempat terpisah, Rakyat Merdeka menemui Koordinator Tari Penyambutan Delegasi G20, Kadek Wahyu Dita. Dia menjelaskan penari ini disiapkan atas inisiatif dari Pemerintah Provinsi Bali. Mereka sudah disiapkan untuk tanggal 13 sampai 15 November.

Baca juga : Pariwisata Dapat Durian Runtuh

“Para penari ini disiapkan sampai tanggal 15 itu puncaknya di GWK. Sudah banyak sanggar-sanggar yang kami libatkan,” katanya.

Seluruh penari tersebut berasal dari 9 sanggar di seluruh Bali. Termasuk di antaranya Sanggar Lokananta, Sanggar Kalingga, Sanggar Bungan Dedari, Sanggar Kokar Bali hingga Sanggar Usadhi Langu. Ia mengungkapkan, untuk acara ini total penari yang disiapkan hampir 200 orang. Mereka terdiri dari sembilan sanggar. “Untuk masing-masing grup itu ada lebih dari 20 orang,” ungkapnya.

Dia bilang seluruh tamu delegasi itu disambut oleh penari terbaik dari sanggar di Bali. Semua sanggar dibagi-bagi tugas. Ada yang menyambut untuk kedatangan ada juga untuk gala dinner.

Baca juga : G20 Untuk Rakyat

“Kami juga siapkan tim yang siap sampai pagi. Itu tim di luar official dan koordinator,” terangnya.

Mereka datang dari Kabupaten Gianyar, Badung dan Kota Denpasar. Kelompok-kelompok tari tersebut dipilih secara langsung oleh Dinas Kebudayaan Bali, dengan melihat komitmen dan kualitas yang telah tercatat. Sementara sanggar lainnya yang belum memenuhi kualifikasi akan dibina kembali.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha mengatakan, para penari ini akan mendapat upah. Dia menyebutkan Pemprov Bali telah mengeluarkan dana sekitar Rp 400 juta khusus untuk pertunjukan tari penyambut delegasi VVIP KTT G20. Tidak termasuk untuk gala dinner.

Baca juga : Tukang Oleh-oleh Banjir Pesanan

“Mereka sudah disiapkan insentif dengan dana yang sudah dianggarkan Pemprov,” kata Arya Sugiartha. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.