Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Daftar Kuliner Nusantara Yang Disajikan Saat Makan Siang KTT G20

Rabu, 16 November 2022 23:05 WIB
Suasana makan siang para pimpinan dan delegasi KTT G20, di Bamboo Dome, Apurva Kempinski, Nusa Dua, Selasa (15/11). (Foto: Humas Setkab)
Suasana makan siang para pimpinan dan delegasi KTT G20, di Bamboo Dome, Apurva Kempinski, Nusa Dua, Selasa (15/11). (Foto: Humas Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - “Selamat menikmati makan siangnya, enjoy your lunch!” kata Presiden Jokowi mengawali makan siang bersama pimpinan dan delegasi KTT G20, di Bamboo Dome, Apurva Kempinski, Nusa Dua, Selasa (15/11).

Indonesia sebagai tuan rumah menyajikan menu Nusantara, termasuk berbagai macam menu untuk vegetarian. Bagi yang non vegetarian, menu pembuka disajikan selada udang Bangka, cumi bumbu rujak, dan sate pusut Mandalika.

Baca juga : Bali Leaders Declaration Dipastikan Bermanfaat Bagi Dunia

Untuk menu utama, tersedia panggang ikan barramundi bumbu Bali, terik sirloin wagyu, dan nasi ungu urap sayur yang mewakili Sumatera, Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara Barat. Makanan utama ini didampingi emping Yogya dan kerupuk udang. Sedangkan untuk makanan penutup berupa pudding nangka dan kelapa muda disiram gula palem.

Untuk vegetarian, menu pembuka terdiri atas selada tahu Bangka, bunga labu bumbu rujak, dan sate pusut nangka Mandalika. Sedangkan menu utama berupa labu panggang bumbu Bali, terik tempe bacem dan nasi ungu urap sayur, juga emping Yogya yang renyah.

Baca juga : Ini Dia, 6 Istri Kepala Negara Yang Hadir Di KTT G20 Bali

Acara makan siang terlihat santai. Semua delegasi melepaskan jas. Suasana bertambah hangat ketika Jokowi memberikan kesempatan kepada Presiden Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dilanjutkan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino untuk memberikan pernyataan terkait perkembangan dunia olahraga. 

“Olahraga adalah bagian penting dari hidup kita. Tidak hanya hidup kita sehat tapi juga hidup kita lebih bahagia,” ucap Jokowi, mengemukakan alasan mengundang kedua tokoh olahraga ini.

Baca juga : Kerek Kepuasan Pelanggan, Panasonic Hadirkan Layanan Spesial

Dalam pernyataannya, Gianni dan Thomas sepakat bahwa olahraga, termasuk sepak bola, mampu menyatukan dunia dan damai antar negara.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.