Dark/Light Mode

KTT G20 Di Bali Ditutup Dengan Penuh Kehangatan Dan Persahabatan

Semua Senang Semua Goyang

Kamis, 17 November 2022 06:50 WIB
Presiden ajak pemimpin G20 ke Tahura Ngurah Rai, Bali, Rabu (16/11/2022). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden ajak pemimpin G20 ke Tahura Ngurah Rai, Bali, Rabu (16/11/2022). (Foto: BPMI Setpres)

 Sebelumnya 
Setelah malam yang meriah, kemarin para tamu kembali berkumpul untuk menutup rangkaian G20. Dalam sambutannya, Jokowi merasa terhormat telah memimpin G20 selama setahun terakhir.

Jokowi mengaku telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan di tengah berbagai tantangan baru yang muncul. Eks Wali Kota Solo itu pun bersyukur bahwa G20 Indonesia telah menghasilkan sebuah dokumen berupa Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali.

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan,” ucapnya

Baca juga : Okupansi Hotel Di Bali Meningkat 100 Persen, Sandi Happy

Jokowi lalu menutup rangkaian dengan menyerahkan tampuk presidensi G20 kepada Perdana Menteri India, Nahrendra Modi yang akan memegang tongkat komando hingga tahun 2023. Dengan penyerahan presidensi tersebut, Presiden mengatakan, amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif selanjutnya berada di tangan PM Modi.

“Saya yakin di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Modi, G20 akan terus bergerak,” ucapnya.

Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari troika, Jokowi menegaskan Indonesia siap mendukung kesuksesan presidensi G20 India tahun depan.

Baca juga : HKN 2022, KlikQu Komit Dekatkan Layanan Kesehatan Buat Pasien

Sementara itu, PM Narendra Modi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Jokowi yang telah memberikan kepemimpinan yang efisien pada G20, bahkan di masa-masa sulit. PM Modi juga mengucapkan selamat kepada seluruh negara G20 yang telah mengadopsi Deklarasi G20 Bali.

“India akan berusaha untuk memajukan prakarsa terpuji Indonesia selama presidensi G20. Merupakan kebetulan yang sangat menguntungkan bagi India bahwa kami memikul tanggung jawab presidensi G20 di pulau suci Bali ini. India dan Bali memiliki hubungan yang telah lama,” ujar PM Modi.

“Hari ini, saya ingin memastikan bahwa presidensi G20 India akan inklusif, ambisius, tegas, dan berorientasi pada tindakan. Selama satu tahun ke depan, kami akan berusaha untuk memastikan bahwa G20 bertindak sebagai penggerak utama global untuk membayangkan ide-ide baru dan mempercepat aksi kolektif,” ucap PM Modi. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.