Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KTT G20 Di Bali Ditutup Dengan Penuh Kehangatan Dan Persahabatan

Semua Senang Semua Goyang

Kamis, 17 November 2022 06:50 WIB
Presiden ajak pemimpin G20 ke Tahura Ngurah Rai, Bali, Rabu (16/11/2022). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden ajak pemimpin G20 ke Tahura Ngurah Rai, Bali, Rabu (16/11/2022). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seluruh rangkaian KTT G20 yang digelar selama 2 hari di Bali resmi berakhir, kemarin. Sebelum ditutup, Presiden Jokowi menjamu para pemimpin negara G20 dengan gala dinner yang semarak di Garuda Wisnu Kencana (GWK). Di acara ini, suasana keakraban dan persahabatan antara para pemimpin begitu terasa. Semua senang, semua goyang.

Acara gala dinner atau santap makan malam ini, digelar di GWK, salah satu landmark wisata Bali yang populer, Selasa (15/11) malam. Di acara ini, Jokowi dan Ibu Iriana tampil memukau dengan pakaian adat Bali. Keduanya tiba di lokasi lebih dulu sekitar pukul 7 malam. Jokowi dan Ibu Iriana lalu menyambut kedatangan para tamu seraya berfoto bersama dengan latar Patung Garuda Wisnu Kencana.

Setelah semua berkumpul, acara santap malam dimulai. Jokowi mempersilakan para tamu undangan untuk menyantap hidangan yang telah disiapkan. Menunya adalah makanan khas nusantara. Hidangan pembuka atau appetizer, para tamu menikmati sajian “Aneka Ratna Mutumanikam” yang terdiri atas mangga, rumput laut, salad dengan bumbu rujak Bali, hingga perkedel jagung daging rajungan Manado.

Baca juga : Okupansi Hotel Di Bali Meningkat 100 Persen, Sandi Happy

Menu utamanya adalah tenderloin sapi wagyu khas Lampung, rendang Padang, mousseline singkong dan kentang, asparagus dalam saus kunyit Bali, hingga puree terong balado. Menu penutup atau dessert, adalah coklat mousse Aceh dan coulis mangga.

Sambil menikmati santap malam, para tamu disuguhi penampilan budaya. Nah, di momen ini para tamu tampak terkesan dengan suguhan yang menampilkan kebudayaan nusantara. Pertunjukan budaya ini memang seperti konser kelas dunia. Dekorasi panggungnya menawan. Tata lampunya memukau. Tebing-tebing GWK dijadikan layar membuat suasana penuh cahaya dan warna. Ledakan kembang api menambah semarak suasana.

Pertunjukan dibuka dengan penampilan Tiga Diva yaitu Iga Mawarni, Yuni Shara, dan Andien Aisyah yang melantunkan lagu Damai karya Guruh Sukarnoputra. Selanjutnya dijeda tarian tradisional khas Bali. Setelah itu disusul penampilan para penyanyi berbakat dari mulai Faye Risakotta dan grup RDP Generation yang membawakan lagu Malam Indah karya Iwa K. Lagu ini dibawakan dalam dua versi lirik Indonesia dan bahasa Inggris. Jelang akhir, muncul Cindy Lida dengan nada dan cengkok dangdutnya.

Baca juga : HKN 2022, KlikQu Komit Dekatkan Layanan Kesehatan Buat Pasien

Suara khas Cindy Lida ini membuat para kepala negara yang hadir bergoyang mengikuti irama. Dari kamera terlihat Jokowi mengangguk-anggukkan kepala. Menlu Amerika Serikat yang mewakili Joe Biden ikut menggoyangkan kepala. PM Jepang Fumio Kishida juga terlihat tersenyum menyaksikan penampilan Cindy.

Para tamu tampaknya terkesan dengan hiburan tersebut. Usai acara, Jokowi mendapat ucapan selamat dari para tamu. Presiden China Xi Jinping merasa terhibur dan terlihat mengangkat tangannya saat berbincang dengan Jokowi. Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran MBS ikut mengucapkan selamat. Macron dan MBS yang sudah kenal sejak lama, memanfaatkan betul acara ini untuk berkangen ria.

Ada juga momen di mana Jokowi memperkenalkan Wishnutama Kusubandio kepada Perdana Menteri India Narendra Modi. Wisnutama adalah sosok di balik pertunjukan di jamuan makan malam ini. Modi sepertinya penasaran dengan sosok di balik pertunjukan tersebut.

Baca juga : Penerbangan Komersial Dan Turis Jangan Dikorbankan

Usai pertunjukan, para tamu kembali ke hotelnya masing-masing. Namun, tak semua pemimpin negara langsung balik ke hotel. Presiden Prancis Emmanuel Macron memilih jalan kaki dulu di sepanjang jalan raya Uluwatu, Jimbaran. Ia berjalan kaki sekitar 2 kilometer. Dengan pengawalan ketat, Macron menyapa masyarakat yang berkerumun di sepanjang jalan. Macron rupanya ingin bernostalgia. Saat kecil, Macron mengaku sering diajak orangtuanya jalan kaki saat berlibur ke Bali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.