Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Bangun Sumur Bor, Srikandi DIY Entaskan Persoalan Air Di Gunungkidul 

Senin, 28 November 2022 10:10 WIB
Perempuan milenial yang tergabung dalam jaringan relawan Srikandi Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membangun sumur bor di Padukuhan Blembeman 1 dan 2, Kelurahan Natah, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, DIY. (Foto: Ist)
Perempuan milenial yang tergabung dalam jaringan relawan Srikandi Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membangun sumur bor di Padukuhan Blembeman 1 dan 2, Kelurahan Natah, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, DIY. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perempuan milenial yang tergabung dalam jaringan relawan Srikandi Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membangun sumur bor di Padukuhan Blembeman 1 dan 2, Kelurahan Natah, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, DIY. 

Koordinator Wilayah (Korwil) Srikandi Ganjar DIY Herrawati mengungkapkan, bantuan sosial sumur bor ini merupakan bentuk perhatian relawan Srikandi Ganjar terhadap problematika air di Gunungkidul. Sejauh ini, kata Herra, sudah ada dua titik yang terbangun instalasi air. 

"Gerakan sosial muncul sebagai respon atas harapan masyarakat yang tinggal di zona rawan kekurangan air. Harapannya, ketersediaan air yang cukup mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat," kata Herra di lokasi, Senin (28/11). 

Baca juga : Ayo Gencarkan Terus Pake Kendaraan Listrik

Herra mengatakan, aksi ini terinspirasi sosok Ganjar Pranowo yang memiliki jiwa sosial tinggi. Herra berharap, ketersediaan sumur bor di daerah yang kekurangan air dapat membantu masyarakat setempat. 

"Kegiatan ini terinspirasi dari Ganjar Pranowo. Ganjar merupakan pribadi yang dikenal memiliki jiwa sosial, kedermawanan tinggi, dan diharapkan dapat menginspirasi banyak orang. Kami berharap Pak Ganjar Presiden 2024 mendatang," tegas Herra. 

Sementara itu, Kepala Dukuh Blembeman 2, Heryanto mengucapkan terima kasih kepada Srikandi Ganjar DIY yang telah memberikan bantuan sumur bor di wilayahnya. Heryanto mengatakan, kekurangan air menjadi persoalan besar di wilayahnya. 

Baca juga : Bank Dunia Dukung Transisi Energi Di Indonesia

"Selama ini kami mendompleng padukuhan sebelah, yang satu sumur dipakai 350 KK (kepala keluarga). Sehingga setiap hari tidak mampu mencukupi kebutuhan air warga kami 1x24 jam," kata Heryanto. 

Sebab itu, Heryanto menyebut, bantuan sumur bor Srikandi Ganjar menjadi penolong, sehingga mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat. Untuk pengelolaannya, kata dia, akan digabung dengan sistem penyediaan air minum Dusun atau spamdus. 

"Kami berharap Pak Ganjar (Ganjar Pranowo) kedepan bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik dan maju," kata Heryanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.