Dark/Light Mode

Hari AIDS Sedunia, UNAIDS Bentuk Aliansi Nasional Bebas AIDS Anak Indonesia Di 2030

Kamis, 1 Desember 2022 20:34 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari AIDS sedunia yang jatuh hari ini pada 1 Desember, harus dimaknai sebagai perjuangan bersama seluruh pihak untuk mengakhiri penyebaran HIV AIDS, sehingga tak ada lagi korban terutama yang terjadi pada anak-anak. Indonesia sendiri menargetkan bebas AIDS pada 2030.

Di Indonesia, hanya 25 persen dari anak-anak yang hidup dengan HIV menjalani pengobatan ARV yang menyelamatkan jiwa. UNAIDS Indonesia, Jaringan Indonesia Positif (JIP), Ikatan Perempuan Positif Indonesia, Lentera Anak Pelangi, dan Yayasan Pelita Ilmu menginisiasi aliansi baru untuk memperbaiki salah satu masalah yang paling mencolok dalam respon penanggulangan AIDS.

Baca juga : Bank Dunia Dukung Transisi Energi Di Indonesia

Analisis oleh PBB di Hari AIDS Sedunia mengungkapkan, ketidaksetaraan menghalangi berakhirnya AIDS. Dengan tren yang terjadi saat ini, dunia tidak akan memenuhi target global AIDS yang telah disepakati.

Namun laporan UNAIDS Global yang baru, Dangerous Inequalities, menunjukkan bahwa tindakan mendesak untuk mengatasi ketidaksetaraan dapat membuat program penanggulangan AIDS kembali pada jalur yang seharusnya.

Baca juga : Sambangi WNI Di Malaysia, Mahfud Tekankan Jaga Martabat Indonesia Di Luar Negeri

Direktur Eksekutif UNAIDS Winnie Byanyima mengatakan, di awal tahun ini, UNAIDS Global menyatakan bahwa program penanggulangan AIDS dalam bahaya, dengan meningkatnya infeksi baru dan kematian yang terus berlanjut di berbagai bagian dunia.

Laporan baru dari UNAIDS Global menunjukkan bahwa ketidaksetaraan adalah alasan yang mendasarinya.

Baca juga : Google Doodle Hari Ini Raja Ali Haji, Pahlawan Nasional Peletak Dasar Bahasa Indonesia

“Laporan ini juga menunjukkan bagaimana para pemimpin dunia dapat mengatasi ketidaksetaraan itu, dan meminta mereka untuk berani mengikuti apa yang diungkapkan oleh bukti,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/12).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.