Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Inilah 17 Orang Penerima Letkol Tituler

Layakkah Corbuzier Bersanding Dengan Tokoh-tokoh ini?

Minggu, 18 Desember 2022 08:00 WIB
Inilah 17 Orang Penerima Letkol Tituler Layakkah Corbuzier Bersanding Dengan Tokoh-tokoh ini?

RM.id  Rakyat Merdeka - Pro kontra pemberian pangkat Letkol Tituler untuk Deddy Corbuzier oleh Menteri Pertahanan Letjen (Purn) Prabowo Subianto terus bergulir. Mereka mempertanyakan kelayakan Corbuzier menerima pangkat tersebut. Apalagi, penerima pangkat tersebut banyak para tokoh yang sudah berjuang buat negara.

Pangkat Letkol Tituler mendadak jadi buah bibir di masyarakat dalam sepekan terakhir. Hal ini karena diangkatnya Corbuzier jadi Lekol Tituler. Padahal pangkat Letkol Tituler dinilai tidak bisa diberikan ke sembarangan orang.

Dalam sepanjang sejarah di Indonesia, baru 16 orang yang mendapat pangkat tersebut. Dengan diangkatnya Corbuzier totalnya menjadi 17 orang.

Baca juga : Corbuzier Dinilai Cocok Duet Dengan Prabowo

17 tokoh yang menerima pangkat Letkol Tituler adalah Paku Alam VI, Paku Alam VII, Paku Alam VIII, Mangkunegara VII, Mangkunegara VIII, Nugroho Notosusanto, Soerjadi Soerjadarma, Pakubuwana X, Pakubuwana XII, Hamengku Buwono VIII, Hamengku Buwono IX, Melanchton Siregar, Kiai Haji Darip Klender, Tengku Muhammad Daud Beureu’eh, Idris Sardi, Teuku Nyak Arif, dan Deddy Corbuzier.

Dengan melihat tokoh-tokoh yang menerima itu, banyak pertanyaan yang muncul apakah layak Corbuzier bersanding dengan nama-nama tokoh tersebut?

Kalangan politikus dan anggota dewan, banyak yang menolak. Salah satunya Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Hasto mendesak TNI agar segera mengkaji ulang penyematan pangkat Letkol Tituler kepada Corbuzier.

Baca juga : Ketua PDIP Jaktim Ajak Kader Berbaur Dengan Rakyat

“TNI harus memiliki kewenangan untuk melakukan evaluasi secara mendalam, agar pemberian gelar kehormatan tidak memberikan suatu dampak pro dan kontra,” ujar Hasto.

Menurut dia, publik akan menyorot hal ini. Bahkan, akan meriset jejak rekam Corbuzier kenapa sampai bisa diberi pangkat letkol tituler. “Orang juga harus melihat dalam bidang apa beliau memperjuangkan pertahanan negara, keselamatan bangsa dan negara. Itu yang harus dilihat dan dikritisi oleh publik,” sambungnya.

Menurutnya, tidak mudah orang mendapat gelar tersebut. Harus memenuhi sederet persyaratan penting bagi warga sipil ketika hendak diberi pangkat khusus. Baik dari sudut kajian, latar belakang, hingga aturan.

Baca juga : Wapres Ingatkan Pendidikan Tinggi Lakukan Transformasi Dan Perkuat Kolaborasi Dengan Industri

“Tentu saja memiliki rekam jejak dalam upaya membangun pertahanan negara di dalam membela keselamatan bangsa, keutuhan wilayah NKRI dan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas penerima gelar doktor ilmu pertahanan dari Universitas Pertahanan itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.