Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tingkat Penyampaian LHKPN Tahun 2022 Capai 98,24 Persen

Rabu, 28 Desember 2022 02:51 WIB
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat, tingkat penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Januari 2022 hingga 15 Desember 2022 mencapai 98,24 persen.

"Jumlah yang sudah patuh secara lengkap disertai dengan surat kuasa mencapai 94,69 persen," ungkap Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, dalam konferensi pers Kinerja dan Capaian KPK 2022, di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Selasa (27/12).

Ghufron mengungkapkan, jumlah tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan capaian sebesar 94,47 persen.

Dia menilai, keberhasilan pencapaian kepatuhan LHKPN tidak terlepas dari berbagai kegiatan yang dilakukan Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan (PP) LHKPN. Tercatat, ada 208 kegiatan yang dilakukan, baik secara luring ataupun daring, selama 2022.

Berita Terkait : Menperin Targetkan Pertumbuhan Industri 2023 Capai 5,4 Persen

Selain itu, KPK juga telah memeriksa 162 LHKPN sampai dengan 15 Desember 2022. Jumlah itu terdiri atas 32 pemeriksaan untuk pemenuhan permintaan dari internal KPK, 66 untuk pemenuhan kerja sama dalam rangka seleksi jabatan pada instansi lain, serta 64 merupakan inisiatif direktorat.

Kemudian dari inisiatif direktorat, satu laporan diteruskan ke Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi, satu laporan diteruskan ke Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat, dan satu laporan diteruskan ke Direktorat Gratifikasi.

Lalu, 10 laporan diteruskan ke aparat pengawasan internal lembaga untuk ditindaklanjuti dengan pemeriksaan yang lebih rinci karena terdeteksi adanya penerimaan gratifikasi.

"Sedangkan 51 laporan lainnya tidak terdapat temuan yang signifikan untuk diteruskan ke pihak terkait," beber Ghufron.

Berita Terkait : Charta Politika: Tingkat Kemantapan Publik Pilih Ganjar Tertinggi, Capai 67,7 Persen

Sebagai bentuk partisipasi dalam mengawasi LHKPN, per 15 Desember 2022 masyarakat telah mengakses e-announcement LHKPN sebanyak 1,19 juta kali yang didominasi di kota besar.

Jumlah ini, menurut Ghufron, meningkat 170 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara, untuk program tahun 2023, Direktorat PP LHKPN juga akan melakukan beberapa kegiatan selain kegiatan rutin pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN sebagaimana amanat undang-undang. 

Antara lain, kerja sama dengan KPU RI dan partai politik sebagai persiapan penyampaian LHKPN dalam rangka Pemilu 2024. 

Berita Terkait : Ringankan Korban Gempa Cianjur, Kalbe Terus Salurin Bantuan

Juga, meningkatkan peran serta aparat pengawasan internal di kementerian/lembaga/pemerintah daerah/BUMN/BUMD dalam mengawasi pelaporan harta kekayaan para penyelenggara negara masing-masing instansi. ■