Dark/Light Mode

Megahnya Masjid Al Jabbar, Buah Karya Imajinasi Ridwan Kamil

Rabu, 28 Desember 2022 19:16 WIB
Megahnya Masjid Al Jabbar, Buah Karya Imajinasi Ridwan Kamil

 Sebelumnya 
Manajer Produksi Proyek Pembangunan Masjid Al Jabbar Affy Primadhian mengamini pernyataan Kang Emil tersebut. Menurutnya, ada banyak tantangan sekaligus keistimewaan dalam Masjid Al Jabbar.

Salah satunya, bangunan utama tanpa tiang tengah. Affy Primadhian menuturkan, ada banyak tantangan yang dihadapinya.

Baca juga : Kado 2023, Masjid Raya Al Jabbar Bakal Diresmikan Pekan Depan

Namun, perlahan dan pasti, satu per satu konstruksi Masjid Al Jabbar dapat terealisasi sesuai dengan harapan.

"Tantangannya banyak sekali karena desain yang diberikan Pak Ridwan Kamil ini sangat unik. Jadi bagi kami pelaksana konstruksi harus benar-benar berpikir bagaimana caranya mewujudkan bentuk yang diharapkan," ucapnya.

Baca juga : Ajaib, Balita Selamat Usai Ditelan Kuda Nil

"Saya sendiri pada waktu melihat desain awal, saya berpikir keras, ini suatu tantangan buat kami. Begitu ini menjadi kenyataan sebuah kebanggaan bagi kami sendiri untuk bisa merealisasikan apa yang didesain oleh Pak Gubernur menjadi bangunan yang epik," imbuhnya.

Sementara itu, Pimpinan PT Urbane Indonesia, Reza Achmed Nurtjahja yang terlibat dalam tim desain awal bersama Senior Arsitek Urbane Indonesia Bayu Wahyudin (Alm.) mengatakan bahwa perjalanan desain Masjid Al Jabbar cukup panjang dan rumit.

Baca juga : Imam Besar Masjid Al-Markaz Makassar: Bom Bunuh Diri Kegiatan Kekufuran

Ada banyak diskusi dan kolaborasi untuk menerjemahkan sketsa dan gagasan Kang Emil.

"Jadi dari coretan tangan. Kemudian kita modelling dengan komputer, dengan parametrik, sehingga setiap titik itu bisa ketemu, dan ada rumusnya, dan itu yang terus dielaborasikan oleh Tim Urbane Indonesia," kata Reza.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.