Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemendagri Soal Pemilu

Kudu Cerdas Pas Memilih Dan Menyenangkan Dong...

Rabu, 4 Januari 2023 07:55 WIB
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kemendagri Bahtiar. (Foto: Istimewa)
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kemendagri Bahtiar. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dalam aturan tersebut ASN harus bebas dari pengaruh inter­vensi semua golongan dan partai politik (parpol). “Bukan hanya netralitas ASN, tapi ada netralitas penyelenggara negara itu diatur di seluruh, hampir di seluruh hukum-hukum yang mengatur tentang penyelenggara tersebut. Jadi baik eksekutif, legislatif, dan lembaga yudikatif,” tegas­nya.

Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan ini juga menjelaskan, Kemendagri berkomitmen terus menjalankan tugas-tugas negara dalam menyelenggarakan urusan di bidang Pol & PUM.

Bentuk komitmen itu salah satunya mendukung agenda nasional yakni menyukseskan penyelenggaraan Pemilu yang tahapannya telah berjalan.

Baca juga : Pengamat: Erick Thohir Cawapres Pilihan Milenial

“Arahan Bapak Presiden pada konsolidasi nasional yang di­lakukan KPU beberapa waktu yang lalu, Bapak Presiden me­merintahkan agar memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 terjadwal sesuai jadwal,” terang­nya.

Bahtiar melanjutkan, Presiden Jokowi juga telah memerintah­kan kepada jajarannya untuk memberikan dukungan kepada KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

Selain itu, Presiden juga me­merintahkan kepada jajaran KPU agar menjaga dan meningkatkan kualitas Pemilu dengan indika­tor-indikator yang tersedia.

Baca juga : Partai Garuda: Itu Hak Dan Kewenangan Presiden

Di lain sisi, arahan lainnya yakni penyelenggara Pemilu agar hati-hati dalam menyelenggarakan Pemilu.

Jangan sampai gelaran tersebut berdampak kepada aspek teknis maupun lainnya yang menjadi isu politik tidak terkendali.

Berikutnya, tambah Bahtiar, presiden memerintahkan agar masa kampanye dipersingkat, lebih efisien, dan tidak menimbulkan masalah di lingkup masyarakat.

Baca juga : Belanda Minta Maaf Melulu, Ganti Rugi Dong...

“Kemudian seluruh aparat negara akan dikerahkan untuk mendukung kelancaran, proses produksi, dan distribusi logistik sampai pada tingkat TPS,” tam­bahnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.