Dark/Light Mode

BNPB Pastikan Pembersihan Puing Rumah Dampak Gempa Cianjur Selesai 40 Hari

Kamis, 5 Januari 2023 19:29 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kiri) mendampingi Wapres KH. Maruf Amin saat melakukan peninjauan Hunian Tetap (Huntap) yang dibangun bagi warga terdampak gempabumi M 5.6 Cianjur, di Desa Sirnagalih, Cilaku,  Cianjur, Jawa Barat, Rabu (4/1). (Foto: Dok. BNPB)
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kiri) mendampingi Wapres KH. Maruf Amin saat melakukan peninjauan Hunian Tetap (Huntap) yang dibangun bagi warga terdampak gempabumi M 5.6 Cianjur, di Desa Sirnagalih, Cilaku, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (4/1). (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan pembersihan puing rumah terdampak gempa bumi M5.6 Cianjur dapat selesai dalam waktu 40 hari, sehingga pembangunan kembali rumah yang hancur dapat segera dilakukan.

Sampai Rabu (4/1), sudah lebih dari seribu rumah yang telah dibersihkan. Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, setelah pembersihan selesai, maka warga dapat membangun kembali rumahnya di lokasi yang sama, khususnya bagi mereka yang telah mendapat rekomendasi untuk tidak harus direlokasi.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman Selama Nataru 2023

"Fokus satu bulan atau 40 hari terakhir ini kita bersihkan puing-puing rumah. Sekarang yang sudah dibersihkan ini hampir seribu rumah. Nanti begitu sudah bersih, secara paralel akan dibangun kembali rumah-rumah yang tidak relokasi,” jelas Suharyanto dalam keterangannya, Kamis (5/1).

Dalam proses pembersihan puing hingga pembangunan rumah kembali, Suharyanto mengatakan bahwa pemerintah telah membentuk satgas khusus yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Kementerian PUPR dan lembaga terkait lainnya berjumlah 2.500 personel. Sampai hari ini, seluruh personel itu terus membantu masyarakat membersihkan puing.

Baca juga : Mak Ganjar Sosialisasikan Program Pencegahan Stunting Untuk Emak-Emak Di Bandung Barat

"Akan dilaksanakan oleh masyarakat sendiri dibantu TNI, Polri. Sudah ada satgas berjumlah 2.500 orang. Tiap hari membantu masyarakat membersihkan puing,” ujar Suharyanto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.