Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sidang Pembunuhan Brigadir J Digoyang Gosip

Ngeri, Kekaisaran Sambo Masih Terus Bergerilya

Senin, 23 Januari 2023 06:35 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara).
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dugaan gerakan bawah tanah yang bakal memengaruhi vonis mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Ferdy Sambo menjadi perbincangan publik.

Kabar tersebut ramai setelah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD melontarkan pernyataannya di pod­cast Uya Kuya di Youtube Kamis (19/1). Mahfud MD menilai, tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap Ferdy Sambo sudah benar.

Sambo, terdakwa pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, kata Mahfud, sudah benar dituntut sesuai dakwaan pembunuhan berencana. Yaitu, penjara seumur hidup.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 7 Januari, Cek Di Sini Lokasinya

“Walaupun saya dengar selentingan sudah ada gerakan-gerakan pesanan, agar hukumannya nanti angka sajalah bukan huruf,” kata Mahfud.

Mahfud menjelaskan maksud dari huku­man angka buat Ferdy Sambo, adalah meru­juk pada jumlah tahun untuk eks Kadiv Propam Polri itu dipenjara. “Kalau angka itu 20 (tahun) ke bawah. Kalau huruf itu hukuman mati atau seumur hidup. Itu kan huruf kan? Kalimatnya itu,” ujarnya.

Meski begitu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini memastikan akan tetap menunggu proses hukum yang berjalan, seraya berharap vonis yang akan dijatuhi Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) sesuai dengan tindak pidana yang dilakukan Sambo.

Baca juga : Bambang Kayun Hadiri Panggilan KPK Sebagai Tersangka

Netizen meminta siapapapun yang mengintervensi aparat penegak hu­kum dalam kasus Ferdy Sambo harus dibasmi sampai akar-akarnya. Bahkan, Mahfud MD didesak agar turun tangan langsung.

“Kengupas tuntas siapa saja tangan kanan Ferdy Sambo,” desak @su­marta_aji.

Menurut @Mochamadsyaicul, bila Mahfud MD sudah memberi klu, be­rarti informasi tersebut A 1 alias benar adanya. Sebab, kata dia, sudah menjadi ciri khas Mahfud MD berpolitik dalam Pemerintah.

Baca juga : Digoyang Korupsi, 4 Menteri Jepang Mundur

“Kawal terus Pak,” pinta @Mochamadsyaicul. “Yang mengintervensi aparat penegak hukum dalam kasus Ferdy Sambo harus terus dibasmi sampai akar akarnya,” timpal @sukses_subhan.

Akun @TiniLady2 mengingatkan, gerakan bawah tanah Ferdy Sambo asli ada. Soalnya, kata dia, mafia kelompok Ferdy Sambo masih berkeliaran. “Inilah bukti kekaisaran Sambo,” kata dia.

Akun @Surinala_shovelonion mem­inta siapa saja yang terlibat dalam gera­kan bawah tanah harus diproses secara hukum. Dia menegaskan, negara tidak boleh kalah sama Ferdy Sambo. Kata @Musta2995, percuma ada hukum kalau masih kalah dengan orang yang berkuasa dan punya uang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.