Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Februari, WNA China Membludak Masuk Sulawesi Utara

Awas, Visa Turis Jangan Sampai Kerja Di Tambang

Selasa, 24 Januari 2023 06:45 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara).
Ilustrasi. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia membuka pintu lebar-lebar bagi turis asing, termasuk dari China. Bahkan, pada awal Februari 2023, turis dari China akan ramai mengunjungi Manado, Sulawesi Utara.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken, Jumat (20/1). Jokowi menyampaikan harapannya agar turis mancanegara yang berkunjung ke Manado kembali ramai.

“Ya kita membuka untuk turis semua negara tanpa kecuali, termasuk dari China, dari Tiongkok, silakan. Saya lihat di awal Februari ini akan berbondong-bondong ramai turis dari Tiongkok akan masuk ke Manado, ke Sulawesi Utara,” imbuhnya.

Baca juga : Jokowi Pede Lonjakan Covid-19 Tidak Terjadi

Karena itu, Jokowi memperbaiki in­frastruktur pariwisata di Manado. Jokowi mengungkapkan, saat ini sudah ada 50 homestay yang disiapkan untuk mengakomodasi para turis asing.

“Terbuka, sudah terbuka, tapi kawasan itu ingin kita perbaiki infrastruk­turnya. Kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata juga kita berikan perhatian sehingga Manado, Sulawesi Utara, betul-betul menjadi sebuah wisata prioritas, utamanya memang di sini turis dari China,” tuturnya.

Kendati demikian, Jokowi mewanti-wanti agar protokol kesehatan (prokes) tetap diterapkan. Menurutnya, tidak perlu ada kekhawatiran terhadap turis China yang datang, lantaran Negeri Tirai Bambu itu juga melakukan pengecekan yang ketat terhadap warga yang akan meninggalkan negara tersebut.

Baca juga : DKI Bakal Gelar Bazar Pangan Murah Keliling

“Wisatawan, sekali lagi, kita terbuka untuk turis dari mana pun, tapi yang kita lihat yang akan banyak ini dari China, dari Tiongkok, dan yang paling penting protokol kesehatan. Tapi di Tiongkok sendiri saya li­hat yang mau keluar sudah di cek semuanya oleh negara mereka, jadi kita nggak perlu khawatir,” papar Jokowi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kedatangan kembali turis China menandakan Indonesia khususnya Bali masih menjadi top of mind atau destinasi favorit wisatawan.

“Berdasarkan data Online Travel Agent (OTA) di Tiongkok, terjadi peningkatan volume pencarian destinasi wisata di luar negeri sebesar 430 persen. Indonesia masuk dalam top 5 pencarian dan volume pencarian Bali meningkat 250 persen,” ujar Sandiaga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.