Dark/Light Mode

Februari, WNA China Membludak Masuk Sulawesi Utara

Awas, Visa Turis Jangan Sampai Kerja Di Tambang

Selasa, 24 Januari 2023 06:45 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara).
Ilustrasi. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Dia menjelaskan, kedatangan kembali wisatawan China ini diharapkan dapat mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara yang tahun ini mencapai 3,5 juta hingga 7,4 juta kunjungan. China sendiri merupakan salah satu negara pasar terbesar untuk pariwisata di Indonesia.

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Made Ayu Marthini mengatakan, tahun ini pihaknya menar­getkan jumlah kunjungan wisatawan asal China antara 120.700 hingga 255.300. Karenanya ia berharap penyambutan kembali wisman China ini dapat men­jadi sarana promosi yang efektif bagi wisatawan China.

“Hal ini sekaligus menunjukkan kesia­pan seluruh pemangku kepentingan pari­wisata dan ekonomi kreatif di Bali dalam menyambut wisatawan,” tutur Made.

Baca juga : Jokowi Pede Lonjakan Covid-19 Tidak Terjadi

Dia mengungkapkan, Kemenparekraf telah menyiapkan berbagai program da­lam upaya menarik minat lebih banyak wisatawan Tiongkok ke Indonesia. Mulai dari kegiatan promosi baik secara online dan offline, promosi bersama dengan mitra di Indonesia dan China, familiariza­tion trip, dan lainnya.

“Termasuk penjajakan pembukaan di­rect flight dari tiga kota tier 1 Tiongkok, seperti Beijing, Shanghai dan Guangzhou ke Indonesia,” tambahnya.

Netizen justru khawatir dengan ban­yaknya turis asing dari China yang masuk ke Indonesia, khususnya Sulawesi. Bukan cuma terkait Covid-19, namun juga kar­ena banyak wisatawan asing yang datang menggunakan visa turis tapi aslinya mau kerja di sektor pertambangan.

Baca juga : DKI Bakal Gelar Bazar Pangan Murah Keliling

Akun @Aliffqu mengungkapkan, sudah banyak tenaga kerja asal China yang meng­gunakan visa turis untuk kerja di pertam­bangan. Di Morowali, kata dia, mereka masuk dengan menyalahgunakan visa.

“Alih-alih visa kerja mereka masuk dengan visa wisata jadi statusnya ilegal,” ungkapnya.

Menurut @AnthonyBudiawan hukum Indonesia dipermainkan, dan negara tidak ada wibawa lagi. Kata dia, sudah saatnya Pemerintah bertindak tegas. 1. Perketat pemberian visa kepada warga negara China dan batalkan Visa On Arrival, 2. Kenakan denda sebesar-besarnya kepada perusahaan pengguna tenaga kerja ilegal.

Baca juga : UKM Sahabat Sandi Stabilkan Harga Pangan Bagi Masyarakat Tasikmalaya

Pemerintah, kata @ical776, seharusnya curiga dengan banyaknya turis asing dari China yang masuk ke Sulawesi. Terlebih, kata dia, Manado bukan destinasi wisata favorit Indonesia. Faktanya, kata dia, Pemerintah justru menggelar karpet mer­ah untuk mereka. “Bapak harus curiga,” imbuh @ical776.

Akun @Gandawan mengatakan, agak janggal ketika presiden menyatakan Turis China spesifik masuk Manado. Sementara, tidak banyak paket wisata yang ditawarkan di Manado. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.