Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Baksos Keroyok Stunting

Bupati Langkat Puji Perhatian Yang Luar Biasa Dari PWI & Para Donatur

Kamis, 9 Februari 2023 09:25 WIB
Baksos penyerahan bantuan pangan sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/2). (Foto: Istimewa)
Baksos penyerahan bantuan pangan sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dimeriahkan dengan Bakti Sosial (Baksos) berupa penyerahan bantuan pangan sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/2).

Seremoni pelaksanaan Baksos dipusatkan di Gedung Jentera Malay, rumah dinas bupati di Stabat, Ibu Kota Kabupaten Langkat.

Plt Bupati Langkat Syah Afandin merasa tersanjung dengan pelaksanaan Baksos di daerahnya.

"Bukan masalah bantuannya saja, tapi perhatian yang luar biasa dari PWI dan para donatur," katanya.

Langkat merupakan kabupaten terluas di Sumatera Utara, dengan penduduk lebih dari satu juta jiwa.

Sebelumnya, Langkat menduduki peringkat 19 wilayah terdampak stunting di Sumut. Namun sekarang, berada pada posisi kelima atau mengalami kemajuan sangat pesat.

Pintu Masuk

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembuatan Sistem Terstruktur Penerbitan Izin Praktik Dokter

Bupati Langkat mengatakan, bakti Sosial PWI dan sumbangan para donatur merupakan pintu masuk bagi daerah yang dipimpinnya, untuk melangkah maju.

Para donatur yang berpartisipasi untuk penurunan stunting terdiri dari Perum Bulog, PT Surya Citra Media Tbk - Indosiar SCTV, Siloam Hospital Group dan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK).

Perum Bulog berpartisipasi melalui program Bulog Peduli dengan membagikan paket beras premium, bergizi untuk pencegahan stunting.

Paket yang jumlahnya 1.000 atau setara 5.000 kg beras ini, diserahkan secara simbolis oleh Pimpinan Wilayah Bulog Sumatera Utara Arif Mandu kepada ratusan warga, yang merupakan perwakilan dari 23 kecamatan di Kabupaten Langkat.

PT Surya Citra Media Tbk - Indosiar SCTV melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) memberikan paket sembako.

Siloam Hospital memberikan penganan dan pemeriksaan kesehatan gratis. DKK juga memberikan paket Sembako dan vitamin.

Penyerahan bantuan diawali oleh Plt Bupati Langkat H Syah Afandin, kemudian diikuti Arif Mandu dan para donatur lainnya. Seperti General Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Surya Citra Media (SCM) Tbk Dewi Yudho Miranti, Direktur Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Medan, dan dokter Maria Christina (mewakili Siloam Hospitals Group).

Baca juga : Ini Syarat Penting Untuk Dapat Gaji Berstandar Luar Negeri

Kemudian diikuti Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Langkat M Darwis Sinulingga, dan Ketua PWI Peduli Pusat yang juga Panitia HPN 2023 Mohammad Nasir.

Acara ini juga dihadiri unsur pimpinan Perum Bulog pusat Benny Siga Butarbutar, Ketua Bidang Baksos HPN Pusat Abdul Aziz yang juga CEO Detiknetwork, dan wartawan senior Karim Paputungan.

Pentingnya Gizi

Bantuan selanjutnya diserahkan kepada warga yang membutuhkan, serta anak-anak yatim piatu. Sebagian di antaranya terdampak stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

Dokter Maria mengingatkan pentingnya asupan makanan bergizi dan perawatan setelah kelahiran. Sedangkan Dewi Yudho Miranti mengemukakan, PT SCM yg menaungi beberapa stasiun televisi: Indosiar SCTV, Mojitv dan Mentaritv concern terhadap kegiatan sosial.

"Ini menjadi perhatian pimpinan kami Pak Sariaatmadja," kata Dewi yang mengawali dan menutup sambutanya dengan pantun.

Pemilihan Kabupaten Langkat sebagai tempat pelaksanaan kegiatan bakti sosial dilandasi dari data BPS, bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Langkat menduduki peringkat kedua di Sumut.

Baca juga : Sering Pake Baju Adat, Ganjar Berhasil Jaring Dukungan Warga Desa Di Semarang

Dalam kesempatan yang sama Ketua PWI Peduli Mohammad Nasir menyampaikan, kegiatan bakti sosial ini dilakukan secara rutin, dalam setiap rangkaian peringatan Hari Pers Nasional.  

“Alhamdulillah, terima kasih kepada para donatur. Semoga kepedulian kita pada acara ini untuk ramai-ramai mengeroyok penurunan stunting dapat bermanfaat,” kata M Nasir.

Salah seorang penerima bantuan bernama Rahmat (34) yang duduk di kursi roda, merasa senang dan berterima kasih. Dia terlahir dengan kedua kaki sebatas lutut, dan tangan kiri sebatas siku.

Sehari-hari, Rahmat bekerja sebagai kuli panggul di pasar. Membantu membawakan barang belanjaan ke bentor alias becak motor. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.