Dark/Light Mode

Gercep, KPK Telusuri Harta Pejabat Pajak Jaksel Yang Anaknya Aniaya Putra Pengurus GP Ansor

Kamis, 23 Februari 2023 18:25 WIB
Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu Kanwil Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Ist)
Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu Kanwil Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan tengah menelusuri aset milik Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu Kanwil Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo.

Rafael merupakan ayah Mario Dandy Satriyo, tersangka penganiayaan terhadap anak petinggi GP Ansor bernama David, di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Dikutip dari elkhpn.kpk.go.id, tercatat Rafael memiliki harta meencapai Rp 56 miliar pada tahun 2021.

"Direktur LHKPN sudah bergerak. Saya sudah suruh periksa (harta kekayaan Rafael)," ujar Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

Baca juga : Ingin Warga Mandiri, Ustadz Sahabat Ganjar Gelar Pelatihan Tata Cara Mengurus Jenazah

Ada dua langkah yang dilakukan komisi antirasuah. Pertama, mencari tahu, apakah ada lagi aset Rafael yang tidak dilaporkannya.

Untuk diketahui, mobil yang dibawa Mario Dandy, yakni Jeep Rubicon, tidak ada dalam LHKPN yang disetorkan Rafael ke KPK.

"Kita ke BPN, kalau-kalau dia aset lain. Kemudian kita ke bank, kalau-kalau ada rekening dia yang belum dilaporkan isinya. Kita juga ke asosiasi asuransi-asuransi, kali-kali dia punya polis miliaran. Kita ke Bursa Efek, kali-kali dia punya saham atau obligasi," bebernya.

Kemudian kedua, sambung Pahala, KPK mencari tahu sumber harta Rafael.

Baca juga : PT Transjakarta Pecat Sopir Mikrotrans Yang Maki-maki Pengendara Lain

"Apakah itu dari warisan, atau hibah. Hibah pun, ada aktanya, atau hibah tanpa akta," ungkap Pahala.

KPK pun berencana memanggil Rafael untuk diklarifikasi.

"Umumnya sih orang kalau diklarifikasi selalu jadi pelupa, nanti dia, 'lupa saya pak, waduh'. Tapi nanti kita kasih tau kalau klarifikasi ya," tandas Pahala.

Rafael diketahui memiliki harta yang fantastis. Hartanya bahkan jauh melebihi Dirjen Pajak Suryo Utomo. Dikutip dari elkhpn.kpk.go.id, tercatat Rafael memiliki harta sebesar Rp 56 miliar pada tahun 2021.

Baca juga : KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Suap Pengurusan Perkara Di MA

Hartanya sebagian besar berupa tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah dengan nilai total Rp 51,93 miliar. Aset tanah dan bangunan miliknya itu tersebar di Sleman, Manado, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.