Dark/Light Mode

Basuki, Menteri Pertama Yang Ngantor Di IKN

Jumat, 24 Februari 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri PUPR Basuki Hadjimuljono saat melihat maket Proyek IKN di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (23/02/2023). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM).
Presiden Jokowi didampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri PUPR Basuki Hadjimuljono saat melihat maket Proyek IKN di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (23/02/2023). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM).

 Sebelumnya 
“Begitu selesai langsung ditempati, masak enggak ditempati,” yakinnya.

Salah satu tujuannya adalah agar keramaian di IKN segera bisa tercipta “Kalau ada keramaian berarti perlu restoran, perlu sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, Universitas, perlu rumah sakit, perlu klinik, perlu entertainment, hiburan, perlu mal, dan lain-lain,” rinci Presiden.

Baca juga : Tinjau Rumah Menteri, Pembangunan IKN Butuh Waktu 10-15 Tahun

Ia menyebut sudah banyak investor yang tertarik menggelontorkan duitnya di IKN, karena ada nuansa yang berbeda ditawarkan dibandingkan wilayah lainnya. “Ada diferensiasinya, itu yang kita jual. Experience, ambience, semua yang kita jual itu,” ujar Presiden.

Warganet terharu melihat progres IKN. Sebab gagasan pindah Ibu Kota yang digulirkan presiden pertama Soekarno baru bisa dieksekusi di era Presiden Jokowi. “Sejarah kelak akan mencatat bapak Jokowi lah founding father IKN, good luck,” puji @muridnowatyradd. “Dari zaman Sukarno gagasan itu kemudian dilanjutkan oleh presiden2 berikutnya. Hanya Jokowi yang mampu mengeksekusi,” tulis @irw4n_be, kagum.

Baca juga : Tunjuk GM Baru, Atome Siap Perluas Layanan Finansial Di RI

Akun @1404Stj juga sangat berharap IKN bisa menggelar upacara HUT RI, bahkan kalau bisa tahun ini. “Upacara Kenegaraan 17 Agustus 2023, semoga dapat dilaksanakan di IKN. Jika perkembangan pembangunan fisik, infrastruktur, sudah siap. Semoga SUKSES, untuk RI tercinta,” doanya. “Amin, semoga terlaksana dengan baik,” dukung @BudiDoby.

Akun @AryaAsya4 juga senang Jakarta tidak lagi jadi Ibu Kota Negara. Karena menurutnya sudah sangat padat. “Mantap !! Ibukota Baru menjadikan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia dan menolong Jakarta yang sudah kelebihan beban,” nilainya. “Setuju 1000% IKN harus berlanjut siapapun yg nanti terpilih di thn 2024,” dukung @Nirwan35978330. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.