Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini 5 Alasan Anak Muda Idolakan Anies Baswedan

Selasa, 28 Februari 2023 19:54 WIB
Pemerhati Kepemudaan dan Ketua Cahaya Dari Timur Foundation, Billy David. (Foto: Istimewa)
Pemerhati Kepemudaan dan Ketua Cahaya Dari Timur Foundation, Billy David. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerhati kepemudaan dan Ketua Cahaya Dari Timur Foundation, Billy David mengungkapkan, Capres Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Baswedan adalah tokoh paling disukai anak muda dan akan dipilih saat berlaga di Pilpres 2024.

Hal tersebut berdasar survei yang dilakukan Indikator Politik pada tahun 2021 yang juga diikuti oleh beberapa polling di media sosial yang mayoritas diikuti anak muda.

"Musisi legendaris Iwan Fals pernah mengadakan polling via Twitter dan Anies Baswedan mendapatkan angka 61,6 persen. Jauh meninggalkan calon lainnya seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang hanya mendapat belasan persen," ungkap Billy dalam keterangannya kepada RM.id, Selasa (28/2).

Selanjutnya, polling di Twitter yang dilakukan ILC hasilnya setali tiga uang. Sama saja. Dari 56 ribu voters yang kebanyakan anak muda, Anies mendapatkan hasil 56 persen. Lagi-lagi meninggalkan pesaingnya yang ada di angka belasan persen saja.

Dukungan anak muda kepada Anies, kata dia, tidak hanya sebatas di media sosial dan survei politik. Di lapangan, dukungan Anies juga terus mengalir. Beberapa waktu lalu, beberapa anak muda di Jawa Barat punya cara unik untuk memberikan dukungan kepada Anies.

Baca juga : Pengawasan Lebih Mudah, Alasan Bharada E Dikembalikan Ke Rutan Bareskrim

Anak-anak muda yang tergabung dalam Jaringan Nasional Anies Baswedan di Jawa Barat membuat lomba game Mobile Legend sebagai bentuk dukungan.

"Hebatnya, semua dilakukan secara mandiri, bukan disponsori oleh pihak tertentu, termasuk okeh Anies," tambahnya.

Diterangkan, ada lima gal yang menggugah rasa penasaran siapa pun yang belum mengenal siapa sebenarnya Anies. Pertama, seperti kata Nawaz Syarif dari perbatasan Kalimantan Selatan, Anies adalah sosok intelektual yang inovatif. Anies besar dalam tradisi intelektual sejak di Yogyakarta, Amerika, hingga kembali ke Indonesia.

"Pemikirannya dirangkum banyak orang dalam berbagai buku atau pun karya ilmiah lain. Inovasi kebijakannya terlihat dari status Jakarta yang sudah menjadi kota global dan kota kolaborasi," kata dia.

Kedua, Anies sejak dulu memang dekat dan identik dengan gerakan anak muda. Sejak tahun 2010, Anies, sebagai inisiator Gerakan Indonesia Mengajar mampu menggerakkan anak muda, sarjana-sarjana terbaik dari kampus-kampus unggulan untuk mengabdi, mengajar dan menginspirasi.

Baca juga : Kyai NU Jateng & Jatim Lakukan Tirakat Untuk Anies Baswedan

Sampai saat ini ribuan anak muda lulusan program tersebut terus berkarya, bekerja dan berdampak. Anies mampu menggerakkan anak muda tanpa iming-iming rupiah.

"Anies terbukti tidak berjarak, inovatif dan mampu memahami aspirasi anak muda. Menurut Everest Octovianus dari Papua, Anies tidak membatasi interaksi dan mau mendengar anak muda. Anies tokoh publik pertama yang mau duduk dan mendengar ide-ide anak muda di Papua," tambahnya.

Ketiga, Anies sosok hangat dan bersahabat. Apa yang diucapkan selalu menginspirasi anak-anak muda. Anies bukan sosok pejabat yang sulit dijangkau. Selalu terbuka terhadap pemikiran dan gemar membuka ruang interaksi dan diskusi dengan anak muda.

Keempat, Anies peduli rakyat kecil. Selain membuat kebijakan inovatif, Anies juga selalu membuat kebijakan yang peduli rakyat kecil. Matilda Basri Hati Jelin dari NTT bahkan sampai menangis terharu mendengar penjelasan warga Kampung Akuarium yang mendapatkan keadilan dan kesejahteraan di masa kepemimpinan Anies.

"Kebijakan seperti pembebasan PBB untuk rumah tangga tertentu di Jakarta juga bentuk kepedulian Anies kepada rakyat kecil," tambahnya.

Baca juga : Puluhan Kiai Jateng-Jatim Tirakatan Demi Keselamatan Anies Baswedan

Kelima, Anies merangkul semua golongan. Anies tidak pernah membeda-bedakan orang berdasar asal golongan ataupun SARA. Semua pihak, mendapat kesempatan yang sama saat Anies menjadi pejabat publik.

Bantuan operasional rumah ibadah dan bantuan operasional kepada orang-orang pengelola rumah ibadah, diberikan kepada semua agama, tanpa ada yang ditinggal dan dibedakan.

"Lima hal di atas, hanya jadi sedikit alasan mengapa anak muda banyak yang mengidolakan dan menyukai Anies Baswedan," pungkas Billy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.