Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

“KIB” Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Capres

Rabu, 1 Februari 2023 19:10 WIB
Pengurus KIB, Habil Marati (tengah), Sirojuddin Abdul Wahab (kiri) dan Sahrin Hamid (kanan). (Foto: Ist)
Pengurus KIB, Habil Marati (tengah), Sirojuddin Abdul Wahab (kiri) dan Sahrin Hamid (kanan). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah kader dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembagunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024. 

Sebelum mendeklarasikan dukungan, fungsionaris dari ketiga partai tersebut me-launching KIB (Kuning Ijo Biru) Anies Baswedan for President. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Rabu (1/2).

Kuning dikaitkan dengan kader Golkar yang mendirikan Relawan Go Anies. Ijo diidentikan dengan PPP, karena ada kader PPP yang membentuk Forum Kabah Membangun (FKM), dan Biru dikaitkan dengan PAN karena beberapa kader dan fungsionaris PAN membentuk Relawan Amanat Indonesia. 

Baca juga : Relawan Anies Dorong Pendirian Sekretariat Perubahan

Di dalam acara kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tokoh dari ketiga partai, seperti Habil Marati, Sirajudin Abdul Wahab, Syahrin Hamid, Yorris Raweyai, Sofyan Mile, Aryadi Ahmad, Putra Jaya Husein, Yamin Tawani, Yasin Kara dan politisi lainnya. 

Habil Marati sebagai Ketua Forum Kabah Membangun (FKM) sekaligus didaulat Ketua Sekber (Sekretariat Bersama) KIB mengatakan, jika kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyalurkan aspirasi masyarakat yang ingin Indonesia lebih baik.

"Alhamdulillah kita disini bertatap muka dan silaturahmi untuk membentuk KIB satu visi yaitu mendukung Anies Baswedan," ungkap Habil Marati.

Baca juga : Anies Baswedan Bakal Terlempar?

Menurut Habil, Anies lah sosok yang bisa mengintegrasikan Pancasila dengan masyarakat. Karenanya, partai pengusung Anies harus bersinergi dengan KIB karena KIB yang dibentuk mempunyai dukungan yang kongkrit dari masyarakat. "KIB ini bukan kaleng-kaleng dan kita punya basis masa yang kongkrit," ujar dia. 

Senada, Ketua Go Anies, Sirojudin Abdul Wahab mengatakan, ketiga relawan pendukung Anies ini mempunyai visi yang sama yaitu untuk Indonesia lebih baik, dengan membentuk KIB untuk mendukung Anies Baswedan. "Kita yang tergabung dalam KIB akan berjalan bersama-sama untuk memenangkan Anies Baswedan, dan pertengahan Maret nanti kita akan rapat besar seluruh pengurus KIB," katanya.

Sementara, Ketua Relawan Amanat Indonesia (Anies) Sahrin Hamid mengakui, peluncuran KIB ini adalah momentum untuk menguatkan jaringan dalam memperjuangkan Anies sebagai presiden. "Kita bertiga pendiri KIB sepakat akan membentuk Sekber dan kita solid akan mendukung Anies Baswedan," tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.