Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prihatin Gaya Hidup Mewah Polisi

Johan Budi: Kalau Nggak Kapolres Atau Kapolseknya, Ya Istrinya Hobi Pamer Di Medsos

Rabu, 24 Agustus 2022 20:40 WIB
Anggota Komisi III DPR Johan Budi Sapto Prabowo dalam Rapat Kerja dengan Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/8). (Foto: YouTube)
Anggota Komisi III DPR Johan Budi Sapto Prabowo dalam Rapat Kerja dengan Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/8). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi III DPR Johan Budi Sapto Prabowo mengingatkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bahwa kekuasaan sangat dekat dengan korupsi. Power tends to corrupt

Apalagi, kalau power itu tidak diawasi. 

"Buktinya ya kasus ini. Kadiv Propam kan polisinya polisi. Tapi, bagaimana kalau Kadiv Propam-nya yang melakukan kejahatan itu?" kata Johan Budi dalam Rapat Kerja Komisi III DPR dengan Kapolri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

Dia pun lantas mengingatkan Kapolri, soal apa yang pernah disampaikannya di Rapat Dengar Pendapat (RDP) terdahulu.

Baca juga : Sambo: Selaku Ciptaan Tuhan, Saya Minta Maaf Kepada Polri Dan Berbelasungkawa Atas Wafatnya Brigadir J

"Kalau ada Kapolres atau Kapolda yang nakal, main proyek, atau memeras, tolong jangan dimutasi. Pidanakan. Saya nggak nyebut bintang tiga. Karena bintang tiga ini saya lihat sudah bagus-bagus. Pak Dhofiri yang humble. Pak Agung yang komitmennya teguh, tegas dalam bersikap. Serta Pak Agus, Pak Gatot, dan Pak Anang yang juga tegas," papar Johan Budi.

Mantan Juru Bicara Presiden itu juga menceritakan pengalamannya turun ke daerah. Dia prihatin, melihat polisi-polisi yang di bawah seperti Kapolres dan Kapolsek mulai menikmati gaya hidup hedon. Meski beberapa di antaranya, juga ada yang mewakili citra baik. 

"Kalau bukan Kapolres atau Kapolseknya, ya istrinya (tampak hedon, Red) di medsos. Pamer sepeda harga Rp 300 juta dan sebagainya. Ini menyakitkan," tuturnya.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir juga mengingatkan hal serupa. Adies bahkan menyebut, perilaku dan gaya hidup anggota Polri di tingkat bawah membuat indeks kepercayaan Polri menurun di bawah 50 persen.

Baca juga : Luhut Diam Ditanya Jokowi Tiga Periode

Dia mengungkapkan perilaku itu terlihat dari personel Polri tingkatan direktur pada kepolisian daerah (Polda) hingga tingkatan resor (Polres).

"Mereka sudah seperti raja kecil di daerah," ujarnya.

Tak cuma itu, para personel polisi itu juga mulai memperlihatkan gaya hidup menggunakan rokok cerutu, minum wine, hingga mobil mewah.

Belum lagi, istrinya yang doyan gonta ganti tas mewah merk Hermes.

Baca juga : Kapolri: Kalau Tak Mampu Bersihkan Ekor, Kepalanya Saya Potong!

Terkait hal tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan terima kasih kepada para anggota dewan, atas informasi soal gaya hidup hedon di kalangan Polri. 

"Kami tidak mungkin mengawasi sendiri. Kami butuh masukan masyarakat, supaya bisa kami tindak lanjuti," ucapnya menegaskan.

Jenderal Sigit menjelaskan, Polri telah mengeluarkan peraturan Kapolri dan surat telegram dari Propam Polri terkait masalah hedonis itu.

"Ini sudah diatur. Kalau pola-pola ini masih dilakukan, kami sudah punya aturannya, dan bisa diproses," tegas Kapolri. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.