Dark/Light Mode

Sudah Lapor Semua Harta Kekayaannya, KPK: Rafael Alun Pede Saat Diklarifikasi

Kamis, 2 Maret 2023 21:17 WIB
Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan menyatakan, eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo percaya diri alias pede saat diklarifikasi komisi antirasuah soal harta kekayaannya, Rabu (1/3).

"Menurut saya, pede banget," ujar Pahala, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (2/3).

Menurutnya, Rafael pede lantaran merasa sudah melaporkan semua harta kekayaannya.

Baca juga : KPK Bicara Ada “Geng”, Bongkar!

"Ini saya ngecek ke semua jaringan yang kami punya, semua sudah dilaporkan. Pede nggak kamu kaya gitu? Pede dia. Secara administratif, semuanya oke," selorohnya. 

Kalau pun ada yang belum dilaporkan Rafael, hanyalah motor gede alias moge Harley Davidson. Itu pun, karena moge itu tidak memiliki surat-surat alias bodong.

"Kan bodong, apa yang mau dilaporin?" tanya Pahala.

Baca juga : KPK Pastikan Rafael Alun Tak Hanya Sekali Diklarifikasi

Meski begitu, Pahala memastikan, proses klarifikasi terhadap Rafael, belum selesai.

"Masih panjang lagi, sampai saya pensiun jangan-jangan. Pokoknya tergantung, makanya ini kita balap-balapan sama pertukaran data sama Itjen (Kemenkeu), sama yang lain, karena ini bagus banget," tandasnya.

Rafael diketahui memiliki harta yang fantastis. Hartanya bahkan jauh melebihi Dirjen Pajak Suryo Utomo. Dan berselisih sedikit dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca juga : KPK Sebut Rafael Alun Punya Saham Di 6 Perusahaan

Dikutip dari elkhpn.kpk.go.id, tercatat Rafael memiliki harta mencapai Rp 56 miliar di tahun 2021.

Hartanya sebagian besar berupa tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah dengan nilai total Rp 51,93 miliar. Aset tanah dan bangunan miliknya itu tersebar di Sleman, Manado, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.