Dark/Light Mode

Selesai Kawal Kasus Sambo, Netizen Kawal Kasus Teddy

Jumat, 3 Maret 2023 06:45 WIB
Terdakwa AKBP Dody Prawiranegara (kanan) dan Linda Pujiastuti (tengah) memberikan tanggapan atas kesaksian terdakwa Irjen Pol Teddy Minahasa (kiri) dalam kasus peredaran narkotika saat sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (1/3/2023). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww).
Terdakwa AKBP Dody Prawiranegara (kanan) dan Linda Pujiastuti (tengah) memberikan tanggapan atas kesaksian terdakwa Irjen Pol Teddy Minahasa (kiri) dalam kasus peredaran narkotika saat sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (1/3/2023). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww).

 Sebelumnya 
“Jelas-jelas di situ tidak ada kata per­intah, di situ yang tertulis adalah Trawas dengan huruf T besar. Itu artinya nama sebuah tempat, salah satu kecamatan di Mojokerto, bukan tawas. Yang kami garis bawahi adalah di mana letak kata perintahnya?,” ujar Teddy.

Dalam persidangan kali ini juga terkuak fakta baru. Linda Pudjiastuti mengklaim istri siri Teddy Minahasa. Linda mengaku setiap hari berlayar di atas kapal bersama Teddy untuk misi pengungkapan kasus narkoba di laut China Selatan.

“Saya memang ada hubungan dengan Pak Teddy. Kami tiap hari di kapal tidur bersama. Saya itu istri sirinya Pak Teddy Minahasa biarpun beliau tidak men­gakuinya,” ujar Linda.

Mendengar pernyataan Linda yang mengaku punya hubungan spesial itu, Teddy membantah. Di hadapan Majelis Hakim, Teddy beranggapan pernyataan Linda itu merupakan konspirasi.

Baca juga : Banding Kasus Sambo, Jaksa Agung Kasih Penjelasan Panjang

Sebagai informasi, Teddy dan Dody saling lempar tuduhan dalam pusaran kasus narkoba yang menjerat keduanya. Teddy menyatakan tidak terlibat dalam kasus peredaran narkoba, sedangkan Dody mengaku menyisihkan barang bukti sabu untuk dijual atas perintah Teddy.

Akun @faridansyahhhh mengatakan, sikap Teddy di persidangan bisa menjadi salah satu alasan hakim memperberat hukumannya. Kata dia, melihat sidang Teddy Minahasa, terasa masih antengan Sambo.

Menurut @lizzzy1226, kasus Teddy lebih parah dari Sambo. Kasus Sambo disebut mengorbankan anak buah saja, sedangkan Teddy lebih parah. Yaitu, mengganti narkoba sitaan dengan ta­was. “Narkoba tuh efek bisa merusak sejuta umat yang ada di bumi,” kata dia.

Akun @EndyNugroho8 menilai, kebo­hongan kembali dipertontonkan di dalam persidangan. Teddy bersikukuh dengan tidak mengakui perbuatannya. Yang pasti, kebenaran di persidangan akan terbukti nantinya.

Baca juga : Rabu Pon, Presiden Di Bali Sore

“Itu hak dia mau jujur atau tidak. Apa dia tidak sadar bahwa ancaman hukuman mati sudah menunggu. Ironis statusnya,” tuturnya.

Akun @ghaurmanggala2 mengatakan, terkuaknya fakta-fakta baru akan mem­buat persidangan kasus penjualan narko­ba sitaan dengan terdakwa Irjen Teddy Minahasa akan semakin panas. “Bakal rame nih saling salahkan, tambah remuk polisi. Si Linda mengaku istri siri lagi,” katanya.

“Selalu nunggu kelanjutan kasus Teddy Minahasa, gregetan banged dah,” ujar @kekeixu. “Kemarin kelar ngawal Jenderal Sambo, sekarang Jenderal Teddy. Padat ya kerjaan netizen +62,” sambung @rahmana_td.

Sementara, @azkadji merasa ada yang janggal dengan persidangan ini. Seakan Teddy yang dikorbankan. Kata dia, ka­susnya berbeda dengan Sambo. Kasus ini terasa begitu mudah, blak-blakan, dan terdakwa lain-lihai sekali menyampaikan keterangan. “Mudah-mudahan tim hakim tidak mudah kegocek,” katanya.

Baca juga : Pesawat Jatuh Di Nepal, 64 Orang Tewas

Akun @AREAJULID mengatakan, per­sidangan ini sangat kental sekali aroma skenarionya. Kata dia, di media Linda Pudjiastuti mengaku punya hubungan spesial dengan Teddy Minahasa sampai fitnah soal narkoba. Padahal, realitanya di persidangan tidak kebukti. “Serem juga ya kasus ini, kaya rekayasa banget. Justru yang main api Dody ama Linda,” tuturnya.

Akun @jodohnyaleeteuk melihat ka­sus ini mau diskenariokan seperti kasus Sambo. Kata dia, sampai mau jadi jus­tice collaboration, supaya hukuman yang didapat lebih ringan semisal terbukti bersalah.

“I mean, para saksi itu memilih jujur dan drag semua beban ke Teddy itu,” kata @jodohnyaleeteuk. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.