Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

3 Untuk Kendalikan Banjir, 1 Buat Urai Kemacetan

Presiden Jokowi Resmikan 4 Infrastruktur Senilai Rp 1,26 T Di Bandung

Minggu, 5 Maret 2023 17:04 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan empat infrastruktur yang ada di Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu (5/3). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Presiden Joko Widodo meresmikan empat infrastruktur yang ada di Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu (5/3). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat infrastruktur yang ada di Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu (5/3).

Keempat infrastruktur itu adalag kolam retensi Cieunteung, floodway (Sodetan) Cisangkuy,  kolam retensi Andir dan flyover (Jalan Layang) Kopo.

Peresmian keempat infrastruktur itu sendiri digelar secara simbolik oleh Jokowi di Kolam Retensi Andir. Turut hadir mendampingi Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Rumah Rakyat (Men PUPR) Basuki Hadimuljono.

Baca juga : Kampanyekan Building for the Future, HKTDC Jajaki Kemitraan Sektor Infrastruktur Di Indonesia

Kemudian, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Ruzhanul Ulum, Wali Kota (Walkot) Bandung Yana Mulyana, dan para stakeholder.

Sejumlah anak-anak sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) dari lingkungan sekitar kolam retensi Andir turut hadir dalam peresmian infrastruktur tersebut.

"Sore hari ini kita akan meresmikan yang namanya kolam retensi untuk mengendalikan banjir. Anak-anakku semua tahu, kalau sudah hujan deras dulu di Bandung dan sekitarnya ini pasti terjadi banjir," kata Jokowi.

Baca juga : Relawan Sandiaga Gelar Bazar Sembako Murah Di Bandung Barat

"Sekarang ada kolam retensi ini. Jadi adik-adik ada tiga yang kita resmikan yaitu kolam retensi Andir, kolam retensi Cieunteung, dan floodway Cisangkuy," imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian merinci nilai anggaran dari masing-masing proyek infrastruktur yang diresmikan. 

"Untuk yang Cisangkuy ini menelan anggaran Rp 632 miliar, yang kolam retensi Cieunteung Rp 204 miliar, yang kolam retensi Andir Rp142 miliar. Duitnya gede banget," ucap Jokowi.

Baca juga : Jokowi Resmikan Rusun Kejati Senilai Rp 19,77 Miliar di Manado

Sementara flyover Kopo yang dibangun untuk mengurai kemacetan dan memperlancar lalu lintas yang ada di kota Bandung, menghabiskan Rp 288 miliar. 

"Totalnya yang telah dibangun Pemerintah pusat di kota Bandung dan kabupaten Bandung sebesar Rp 1,26 triliun," tandas Presiden Jokowi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.