Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diperiksa KPK Soal Harta Kekayaan

Kepala Bea Cukai Makassar Pakai Cincin Pemberian Kiai

Rabu, 15 Maret 2023 07:30 WIB
Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono (tengah) usai menyampaikan klarifikasi soal perbedaan hartanya dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/3/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono (tengah) usai menyampaikan klarifikasi soal perbedaan hartanya dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/3/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Andhi Pramono datang penuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kepala Kantor Bea dan Cukai Makassar itu diperiksa soal harta kekayaannya yang diduga tidak wajar.

Andhi tiba jam 09.15 WIB, menumpang mobil dinas Toyota Rush hitam bernomor B 2258 SQ. Dia tampak mengenakan kemeja batik dibalut jaket warna biru.

Di jari tengah tangan kirinya, cincin bermata biru besar tampak mencolok. Cincin ini sempat menjadi sorotan publik dan disebut-sebut memiliki harga yang mahal.

Usai diperiksa selama 7 jam, Andhi buka suara soal cincin ini. Dia mengungkapkan cincin ini pemberian orang. “Ini dari kiai saya,” ujarnya di pelataran Gedung Merah Putih KPK.

Baca juga : Tanggapi Isu Gaya Mewah Putrinya, Kepala Bea Cukai Makassar: Lumrah, Dia Selebgram

Ketika hendak meninggalkan KPK, dari dalam mobil yang menjemputnya Andhi sempat memamerkan cincin ini. “Ini bukan blue sapphire ya,” kata Andhi sambil tersenyum.

Sebelum meninggalkan KPK, Andhi menjelaskan rumah megah di Legenda Wisata Cibu­bur. Gara-gara viral, ia pun menjadi terperiksa.

Andhi menandaskan telah menyampaikan klarifikasi Lapo­ran Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) se­cara lengkap kepada KPK.

“Terima kasih kepada KPK yang telah mengklarifikasi semua berita yang ada, yang telah diberitakan oleh teman-temannya media kepada saya ya,” ujarnya.

Baca juga : Kepala Bea Cukai Makassar Ngaku Rumah Mewah Yang Viral Milik Ortunya

Andhi menyatakan selalu me­nyerahkan LHKPN tepat waktu setiap tahun. Soal rumah mewah di Legenda Wisata Cibubur, ia bilang milik orangtuanya.

“Itu adalah rumah yang ditem­pati oleh orangtua saya sudah lama dan belum diberikan waris kepada saya, sehingga saya berada di situ adalah menjaga orang tua saya,” tuturnya.

Andhi juga menyinggung soal putrinya yang ikut dibicarakan netizen karena kerap pamer kekayaan di media sosial. Andhi menjelaskan, anaknya meru­pakan selebgram yang sering mendapat tawaran untuk mem­promosikan produk. Sehingga yang ditampilkan di media sosialnya bersifat promosi.

“Putri saya sudah dewasa dan dia menekuni fashion dan selebgram. Jadi apabila ada foto-foto yang bersifat fashion, itu lumrah dan dia bisa meng­hidupi kehidupannya sendiri,” dalihnya.

Baca juga : 7 Jam Diklarifikasi, Kepala Bea Cukai Makassar Ngerasa Difitnah

Bersamaan, KPK memanggil Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur, Wahono Saputro. Dia hadir lebih dulu. Pada pukul 09.00 WIB. Diantar mobil dinas Toyota Innova hitam B 1026 PQS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.