Dark/Light Mode

Viral Istri Pejabat KPK Asal Polri Diduga Bergaya Hidup Mewah

Jubir Bidang Pencegahan: Prinsip Kesetaraan, Kami Akan Lakukan Pemeriksaan

Kamis, 16 Maret 2023 18:05 WIB
Jubir KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Jubir KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gaya hidup mewah keluarga pejabat negara sedang disorot publik. Kini, giliran keluarga salah satu jenderal bintang satu Polri menjadi sorotan di media sosial lantaran kerap memamerkan gaya hidup mewahnya. Padahal, suaminya berdinas di komisi antikorupsi.

Sosok perwira tinggi (Pati) Polri yang menjadi sorotan adalah Brigjen Polisi Endar Priantoro, yang menjabat Direktur Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK pun angkat bicara. Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati mengatakan, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan secara substantif terhadap Endar.

"KPK akan melakukan pemeriksaan yang sifatnya substantif. Tentu saja ini kami lakukan atas beberapa kebutuhan, bisa jadi atas inisiatif sendiri atau atas permintaan pihak tertentu untuk kebutuhan tertentu," ujar Ipi kepada wartawan, Kamis (16/3).

Baca juga : Istri Pejabat Pajak Wahono Saputro Juga Punya Saham Di 2 Perusahaan Minahasa Utara

Pemeriksaan Endar, lanjut Ipi, juga sebagai komitmen KPK dalam mengedepankan prinsip kesetaraan. Diketahui, KPK sedang melakukan penyelidikan terhadap kekayaan mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Artinya proses verifikasi baik proses administratif, maupun substantif tentu juga dapat kami lakukan," ungkapnya.

Klarifikasi LHKPN, kini menggunakan Artificial Intelligence (AI). AI akan membantu proses screening awal dan menentukan, apakah data LHKPN masuk dalam kategori outliers atau tidak.

"Apa itu outliers, misalnya ekstrem besar, atau ekstrem kecil. Nah ini kemudian yang bisa menjadi salah satu indikasi untuk KPK melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap sebuah LHKPN," tandasnya.

Baca juga : Bamsoet: MPR Akan Lakukan Terobosan Hukum

Sebelumnya, Akun TikTok Perusak Hedon memposting sejumlah foto yang diduga merupakan istri Brigjen Endar, dengan caption: "Gaya hidup mewah istri bintang 1 Polri".

Dia menyebut, istri Brigjen Endar liburan ke luar negeri bukan menyewa mobil, tetapi helikopter.

“Bantu viralkan lagi guys, akun kemarin diculik!,” tulis akun Perusak Hedon dikutip pada Kamis (16/3).

Dari cuplikan video yang tersebar di TikTok, ada foto Brigjen Endar memakai kemeja warna cokelat dan perempuan yang diduga istrinya berjilbab pink.

Baca juga : Kurangi Beban, Jangan Cuma Andalkan Suntikan Pemerintah

Kemudian, ada pula perempuan yang diduga istri Brigjen Endar foto sedang melihat salju dan pemandangan gunung. Selain itu, ada foto yang memperlihatkan tiga orang wanita dan dua orang lelaki dengan helikopter warna merah.

Selanjutnya, perempuan tersebut tampak memamerkan outfit yang dipakainya, seperti kaos by Kenzo, topi Channel terbaru dan perhiasan di tangannya.

Kemudian, perempuan itu juga memamerkan foto ketika tengah mengikuti olahraga golf dengan seorang pria berkaos dan memakai topi warna biru, yang disebut akun Twitter itu sebagai Brigjen Endar. 

"Hmm, jadi penasaran nich. Duit dari mana ya seorang istri jenderal bintang saja bisa memiliki gaya hidup yang mewah??? Apa ada hubungan dengan dikembalikannya Brigjen Endar Priantoro ke Polri oleh KPK? Mewah hasil korupsikah?" tanyanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.