Dark/Light Mode

Guru SMK Dipecat

Kang Emil Kena Getahnya

Jumat, 17 Maret 2023 08:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat).

 Sebelumnya 
“Semuanya merupakan rangkaian dan kebetulan kalau secara tertulis, ini adalah surat yang ketiga untuk Pak Sabil,” kata Cahya, kemarin.

Pemecatan ini viral. Kang Emil yang mendapat sentimen negatif buru-buru melakukan klarifikasi. Kata dia siapapun boleh berkomentar atau mengkritiknya, asalkan bahasa yang digunakan sopan.

Baca juga : Berbagi Ilmu Sukses Kelola Daerah, IPDN Undang 3 Kepala Daerah

“Pada dasarnya kritik boleh-boleh aja, saya kan selalu menjawab. Kalau kritik boleh, kalau tidak sopan ya harus sopan. Itu saja,” kata Kang Emil.

Kang Emil mengaku tak tahu kalau guru yang mengritiknya itu kemudian dipecat. Menurut dia, itu sudah di luar kewenangannya. Meski begitu ia menilai baiknya ditegur saja. Kang Emil pun mengaku sengaja nge-pin komentar Sabil untuk mengedukasi agar sopan saat memakai bahasa Sunda.

Baca juga : Potter Mau Dipecat Chelsea, Ini 5 Kandidat Penggantinya

Kejadian ini mendapat perhatian luas dari warganet. Sebagian besar komentar warganet bernada negatif. Akun @zantul91 tak menyangka Kang Emil sampai mencolek sekolah cuma gara-gara dikritik. “Guru yang melanggar kode etik harusnya disidang oleh organisasi profesi. Bukan oleh yayasan. Apalagi gara-gara dicolek Kang Emil,” tulisnya.

Senada disampaikan @adhieMassardi. Tak nyangka gara-gara nanya kenapa Kang Emil pakai jas kuning, guru dipecat. “Berani bertanya dianggap sesat,” ujarnya.

Baca juga : Satu Dunia Bakal Terkena Getahnya

“Duh kang Emil, Kang Emil,” ujar @alalndalasy. Akun @harisjoe ikutan menanggapi sambil bercanda. “Ga mau komen ah, takut atasan saya di DM kang RK juga,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.