Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Elektabilitas Erick Melejit, Zul Senang NU Senang

Selasa, 28 Maret 2023 08:23 WIB
Erick Thohir. (Foto: Instagram)
Erick Thohir. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir terus melejit dalam berbagai survei kandidat cawapres potensial di Pilpres 2024. Mengetahui hal itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Wasekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Sulaeman Tanjung, ikut senang.

Menguatnya elektabilitas Erick terlihat dari hasil survei Indo Barometer dan Indikator Politik Indonesia. Survei Indo Barometer mengukuhkan Erick sebagai kandidat cawapres terkuat. Erick unggul dengan elektabilitas 22,9 persen. Mengalahkan Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas 15,8 persen dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan elektabilitas 6,7 persen.

Begitupun dengan hasil survei Indikator Politik Indonesia. Dalam simulasi 18 nama cawapres, nama seperti Ridwan Kamil (Emil), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sandiaga Salahuddin Uno, dan Erick Thohir bersaing cukup ketat. Namun secara tren, dukungan terhadap cawapres tidak banyak berubah, kecuali Erick yang melesat tajam. 

Sementara pada simulasi sembilan nama, Ridwan Kamil turunnya cukup tajam. Dukungan ke Erick menguat dan paling besar. Erick naiknya cukup tajam dari 10 persen jadi 14,5 persen.

Baca juga : PAN Buktikan Mesin Politiknya Bisa Jalan

Dalam 7 simulasi nama, Sandi dan Emil terlempar dari persaingan. Praktis hanya AHY dan Erick yang bersaing ketat dengan selisih hanya 3 persen. Pun dengan simulasi 5 nama cawapres yang kembali menempatkan Erick di posisi teratas.

"Saya senang dan gembira elektabilitas Erick Thohir atau sahabat Etho meningkat," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, di Jakarta, kemarin.

Zulhas-sapaan Zulkifli Hasan-menilai, kenaikan elektabilitas Erick didasari kinerjanya memimpin BUMN. Menurutnya, apa yang dilakukan mantan bos Inter Milan ini, telah berdampak kepada pertumbuhan ekonomi nasional.

"Hal ini menjadi tanda bahwa figurnya juga semakin meningkat, diterima oleh masyarakat Indonesia karena nilai elektoral adalah ukuran dari besaran aspirasi masyarakat yang dipotret secara kuantitatif melalui survei," sambungnya.

Baca juga : Kinerja Cemerlang, Elektabilitas Erick Thohir Gemilang, PPP Senang

Zulhas menambahkan, Erick juga merupakan sosok yang memiliki pemikiran terbuka atau open mind. Dia juga sosok yang mampu menerima gagasan baru, profesional dan mencintai olahraga.

“Sebagian masyarakat tentu akan menyukai figur seperti Etho (Erick Thohir), sehingga wajar jika elektabilitasnya meningkat," tuturnya.

Zulhas berharap, Erick dapat terus menjaga kinerja dan reputasinya agar kian membawa manfaat bagi kemajuan bangsa serta negara. "Semoga saja sahabat saya, Etho, dapat menjaga dan sekaligus kinerja dan reputasinya agar terus dapat membawa manfaat bagi kemajuan bangsa dan negara,” tandasnya.

Senada dikatakan Wakil Sekjen PBNU Sulaeman Tanjung. Dia mengapresiasi Erick yang berhasil meraih peringkat tertinggi sebagai kandidat cawapres versi dua lembaga survei: Indo Barometer dan Indikator Politik Indonesia.

Baca juga : Elektabilitas Erick Naik Tajam, PAN Gembira

“Sebagai sesama kader NU, kami tentu bangga dan mengapresiasi hasil survei Pak Erick Thohir,” ucap Wakil Sekjen PBNU Sulaeman Tanjung, kemarin.

Menurut dia, Erick lahir dan besar dari keluarga NU. Dia juga berhasil menjadi Steering Committee (SC) puncak rangkaian Harlah 1 Abad NU. Erick juga tercatat sebagai anggota aktif Banser, dan pernah mengikuti pelatihan kader Banser.

“Survei Pak Erick meningkat, tentu karena kualitas dia. Karena kinerja dia. PBNU mendoakan yang terbaik bagi Pak Erick. Mudah-mudahan bermanfaat bagi bangsa,” tukas Sulaeman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RMid. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.