Dark/Light Mode

Tembaki Pesawat Lagi

Teroris Papua Makin Ganas

Sabtu, 15 April 2023 08:00 WIB
Pesawat Asian One yang ditembak TPNPB-OPM di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak. (ANTARA/HO/Dok Korem 173/PVB).
Pesawat Asian One yang ditembak TPNPB-OPM di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak. (ANTARA/HO/Dok Korem 173/PVB).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kekejaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua semakin ganas. Setelah membakar dan menyandera pilot Susi Air, kini ada lagi pesawat yang jadi sasaran kekejian teroris Papua. Mereka dengan sengaja menembaki pe­sawat Asian One hingga pesawat tersebut harus mendarat darurat.

Kejadian itu terjadi, kemarin. Pelakunya kelompok teroris Pap­ua yang bermarkas di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Mereka menyasar pesawat Asian One Cessna Grand Caravan C208b Air Craft Regristation PK-LTF yang terbang dari Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, menuju Distrik Beoga sekitar pukul 05.53 WIT.

Saat hendak mendarat di Run­way Bandara Beoga pukul 6.38 WIT, tiba-tiba pesawat diberon­dong tembakan dari samping kanan. Pilot Capten Jonathan sempat mendengar sembilan kali suara tembakan dari teroris Papua.

Baca juga : Menakut-nakuti Ayam, Divonis Penjara 6 Bulan

Setelah landing di Bandara Beoga, Jonathan melakukan pengecekan pesawat. Terdapat dua lubang tembakan pada bagian cabin bagasi tengah dan body di samping roda depan pesawat. Aparat yang berada di lokasi kemudian mengamankan bandara. Mereka juga membantu menurunkan muatan sebelum pesawat kembali ke Mimika. ­

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kasus penembakan tersebut. Namun, untuk sementara penerbangan menuju Distrik Beoga ditutup sampai dinyatakan aman.

Kejadian ini pun dibenarkan oleh Danrem 173/Praja Vira Braja Brigjen Sri Widodo. Dia menceritakan kro­nologis kejadian. Dia bilang, kejadian itu pertama kali diketahui aparat ketika mendengar suara tembakan dari arah ujung bandara dengan jarak sekitar 604 meter. Pada saat itu pesawat Asian One dengan nomor penerbangan PK-LTF hendak mendarat, Jumat (14/4) sekitar pukul 06.30 WIT.

Baca juga : Lawan Persikabo, Laga Terakhir I Made Wirawan

"Pada saat mendengar suara tembakan itu langsung direm pos oleh Satgas Pam­tas Mobile Yonif R 303/SSM Kostrad yang dipimpin Serda Ritonga. Lalu mereka langsung melakukan pengamanan perimeter bandara," kata Kombes Sri.

Kemudian petugas melakukan pengejaran ke arah bunyi tembakan. Petugas juga mengamankan pilot Asian One PK-LTF Capten Jonathan.

"Pilotnya Capt Jonatan berhasil diamankan. Lalu ketika dicek ditemukan ada 2 lubang bekas tembakan pada badan pesawat bagian samping kiri atau tempat penyimpanan cargo," tambahnya.

Baca juga : Habib Syakur Puji Densus 88 Gerak Cepat Tangkap Teroris Asal Uzbekistan

Sri menegaskan, kini aparat keamanan TNI-Polri sedang melakukan siaga 1 di Distrik Beoga untuk mencegah gangguan keamanan susulan yang dilakukan oleh KKB kepada masyarakat. "Kini situasi keamanan baik di bandara maupun di Distrik Beoga telah berhasil dikendalikan. Para kelompok KKB telah berhasil dipukul mundur ke tempat yang lebih jauh," beber dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.