Dark/Light Mode

Arus Mudik Masih Tinggi, One Way Diperpanjang Lagi, Sampai Jam 12 Siang Nanti

Kamis, 20 April 2023 00:15 WIB
Situasi arus lalu Lintas di Ruas Tol Japek KM 29 yang mengarah ke Jakarta pada Kamis (20/4) pukul 00.10 terpantau lancar. Sedangkan yang mengarah Cikampek terpantau padat. (Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya)
Situasi arus lalu Lintas di Ruas Tol Japek KM 29 yang mengarah ke Jakarta pada Kamis (20/4) pukul 00.10 terpantau lancar. Sedangkan yang mengarah Cikampek terpantau padat. (Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol. Firman Santyabudi kembali menyampaikan situasi arus mudik terkini, berdasarkan hasil pantauan di lapangan.

Berdasarkan data traffic counting, visual melalui CCTV, dan pantauan anggota di lapangan hingga Rabu (19/4) pukul 21.00 WIB, diperoleh fakta bahwa sumber arus bangkitan dari Jaya (barat) pada lokasi Tomang, Semanggi, Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dari arah Pondok Indah dan pertemuan di KM 48 elevated telah mengalami peningkatan arus.

Traffic counting di KM 50 A pada tiga jam berturut turut,  mencapai rata rata 4.567 kendaraan per jam.

Baca juga : One Way Diperpanjang, Kemungkinan Sampai Tengah Malam Ini

Sementara traffic counting di Tol Cipali KM 90 Palimanan pada tiga jam berturut-turut, rata-rata mencapai 4.953 per jam.

Kondisi tersebut, masuk indikator diterapkannya One Way

Untuk mengurai kepadatan pada ruas Tol Jakarta-Cikampek, Korlantas memberlakukan rekayasa lalu lintas Contraflow dua lajur, dari KM  47 hingga KM 70 Gerbang Tol Jakarta Cikampek pada Rabu (19/4) pukul 22.45 WIB. Setelah kondisi cuaca hujan dengan intensitas cukup tinggi, membaik.

Baca juga : Trafik Dari Jakarta Ke Arah Timur Melonjak, One Way Diperpanjang Sampai Pukul 12 Siang Ini

Berdasarkan hal tersebut, rekayasa lalu lintas One Way di hari kedua mudik yang dijadwalkan selesai pada Rabu (19/4) pukul 24.00 WIB,  masih akan terus dilanjutkan.

"Perpanjangan rekayasa lalu lintas One Way diperkirakan berakhir pada Kamis (20/4) pukul 12.00 WIB," papar Firman.

Namun, apabila dalam periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran One Way, masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas One Way.

Baca juga : Cek Arus Mudik, Organisasi Sayap Demokrat Datangi Terminal Kampung Rambutan

"Rekayasa One Way dapat dilanjutkan atau diakhiri. Lalu lintas akan kembali normal dua arah," pungkas Firman. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.