Dark/Light Mode

Capreskan Ganjar

Banteng Ketiban Berkah

Kamis, 4 Mei 2023 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo silaturahmi ke KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, di Rembang, kemarin. (Foto: Twitter @ganjarpranowo).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo silaturahmi ke KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, di Rembang, kemarin. (Foto: Twitter @ganjarpranowo).

 Sebelumnya 
Bagaimana PDIP menanggapi hasil survei ini? Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno mengapresiasi hasil survei tersebut. Kata dia, hasil survei tersebut tentunya menambah semangat dan optimis kader untuk bisa mencapai target yaitu mencetak kemenangan hattrick di Pemilu 2024.

“Tentu kami terus mengikuti hasil-hasil survei lembaga lain. Yang penting kami tidak boleh lengah atau terlena,” kata Hendrawan, tadi malam.

Dengan hasil survei tersebut, Hendrawan optimis partainya akan menjadi magnet dalam Pilpres. “Kami percaya banyak yang akan berminat. Ibarat kereta api, lokomotifnya dengan enerji besar, sudah siap berangkat,” ujarnya.

Baca juga : Megawati Banjir Pujian

Peneliti Pusat Kajian Politik Aisah Putri Budiatri tak heran dengan hasil survei tersebut. Kata dia, setelah menetapkan Ganjar secara resmi peta politik pilpres langsung berubah. PDIP kebagian efek ekor jas dari penetapan Ganjar sebagai capres.

“Akan ada parpol lain yang merapat untuk mendapatkan efek ekor jas ini. Dan PDIP akan menjadi game changer dalam proses lobi-lobi politik antar partai,” kata Aisah, kemarin.

Menurutnya, setelah PDIP mengumumkan capres, hal ini membuat parpol lain memikirkan ulang strategi menjelang pilpres. PDIP pun akan menjadi arus perubahan peta politik yang membuat parpol lain merapat, khususnya mereka yang belum tergabung dalam koalisi.

Baca juga : Ragam Kebijakan Ganjar Pranowo Dan 3 Pesan Penting untuk Kemajuan Pendidikan

“Mereka (parpol) akan melihat potensi menang, potensi mencalonkan wapres dan lainnya,” sebut Aisah.

Aisah mengungkapkan salah satu alasan PDIP dan Ganjar menjadi ‘game changer’ politik adalah karena elektabilitas keduanya termasuk yang tertinggi.

“Hal ini dipengaruhi juga oleh konsistensi popularitas dan sentimen positif publik pada PDIP termasuk Ganjar sebagai capres partai ini paling populer,” imbuhnya.

Baca juga : Ganjar Tak Terkalahkan

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis Fadhli Harahap menyampaikan PDIP patut bersenang hati melihat hasil riset sejumlah lembaga survei, elektabilitas PDIP masih pada posisi teratas.

“Modal besar ini menjadikan PDIP berada pada posisi strategis dan mampu menarik kelompok mana pun untuk ikut dalam gerbong koalisi,” ujarnya.

Dia yakin PDIP tentu tak mau kehilangan momentum hattrick di pemilu mendatang, serta memenangkan kader sendiri di pilpres. “Syaratnya, PDIP mesti mampu mengonsolidasi kekuatan besar pula. Caranya, bisa mengakomodir berbagai kepentingan kelompok,” pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.