Dark/Light Mode

Gelar FMHI Di Sukabumi

GBB Jaring Dukungan Dari 16.000 Buruh Untuk Ganjar

Sabtu, 6 Mei 2023 20:00 WIB
Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menggelar Forum Musyawarah Hubungan Industrial di RM Rengganis Jalan Situgunung Kabupaten Sukabumi, Sabtu (6/5). (Foto: Ist)
Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menggelar Forum Musyawarah Hubungan Industrial di RM Rengganis Jalan Situgunung Kabupaten Sukabumi, Sabtu (6/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menggelar Forum Musyawarah Hubungan Industrial di RM Rengganis Jalan Situgunung Kabupaten Sukabumi, Sabtu (6/5).

Kegiatan diskusi itu diikuti langsung oleh ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri (FSB Garteks) Kabupaten Sukabumi.

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengakui kegiatan kali ini berbeda dari kegiatan yang digelar sebelumnya yang lebih fokus kepada pembentukan Komisi Nasional Hubungan Industrial.

“Kami juga berkomitmen kepada teman-teman Garteks sebagai mitra kami dari serikat buruh di Sukabumi untuk menyiapkan struktur pemenangan Ganjar Pranowo (menjadi Presiden 2024) di Kabupaten Sukabumi khususnya,” kata Lukman.

Baca juga : Syuriah PBNU Dukung Mahfud Dampingi Prabowo Maupun Ganjar

Kegiatan serupa, kata Lukman, akan dilanjutkan ke daerah lainnya seperti wilayah lain di Jawa Barat. 

Namun, ia memastikan akan memilih variasi kegiatan berbeda di setiap daerahnya sesuai kebutuhan masing-masing daerah.

“Yang jelas, semua kegiatan yang dilakukan GBB sebagai episentrum relawan buruh Ganjar Pranowo, adalah untuk membangun struktur pemenangan Ganjar Pranowo,” ujar Lukman.

Salah satu cara menarik dukungan para buruh itu melalui konsep pembentukan KNHI sebagai jembatan untuk menyelesaikan permasalahan antara pekerja dan perusahaan selama ini.

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Perluas Dukungan Untuk Ganjar Sampai Ke Malaysia

Sekretaris Jenderal GBB Kelik Ismunanto menambahkan salah satu permasalahan yang disampaikan perwakilan buruh di Sukabumi itu terkait ancaman pemindahan pabrik ke luar daerah mereka.

Bentuk dukungan para buruh di Kabupaten Sukabumi ditunjukkan lewat pembacaan dukungan bagi Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 di akhir acara.

Tak tanggung-tanggung, dukungan itu akan diberikan oleh lebih dari 16 ribu buruh yang tergabung di DPC FSB Garteks Kabupaten Sukabumi kepada Ganjar Pranowo.

“Basis (anggota) kami di Sukabumi itu tersebar di lima perusahaan. Jumlahnya, mencapai 16.300 orang,” kata Ketua DPC Garteks Sukabumi, Abdul Aziz Pristiadi seusai acara.

Baca juga : BMI DKI Jakarta Tegak Lurus Menangkan Ganjar

Sementara Ketua Umum FSB Garteks Ary Joko turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan GBB di Sukabumi kali ini karena dapat menambah pengetahuan para buruh mengenai hubungan industrial di Indonesia.

Dia mengaku optimistis terhadap Ganjar Pranowo apabila menjadi Presiden 2024 mengingat rekam jejaknya yang baik selama dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.