Dark/Light Mode

Pengacara Lukas Enembe Ditahan

Datang Kenakan Toga, Keluar Berompi Oranye

Rabu, 10 Mei 2023 07:30 WIB
Pengacara alias Kuasa Hukum dari tersangka Gubernur Papua (nonaktif) Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, ditahan, usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (9/5/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Pengacara alias Kuasa Hukum dari tersangka Gubernur Papua (nonaktif) Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, ditahan, usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (9/5/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

 Sebelumnya 
Menurut Emanuel, Roy tidak bisa hadir pemeriksaan pada Jumat karena tengah sakit. “Pak Roy kelelahan oleh aktivitas dan butuh rawat jalan dari tanggal 4-6 Mei 2023,” ujarnya.

Kuasa hukum melampirkan surat keterangan rawat jalan yang dikeluarkan Rumah Sakit St Carolus Jakarta.

Emanuel menyampaikan ditun­juk sebagai kuasa hukum bersama Davy Helkiah Radjawane. Ia belum tahu kasus yang menjerat Roy.

Baca juga : Perintangan Penyidikan Pengacara Lukas Enembe: Pengaruhi Saksi Agar Tak Penuhi Panggilan Dan Kembalikan Uang Korupsi

“Kami sampai sekarang baru tahu seperti apa yang disampai­kan jubir KPK, yaitu adanya sa­ran kepada tersangka LE (Lukas Enembe) yang bertentangan dengan hukum. Namun sarannya apa dan kapan itu kami belum tahu,” katanya.

Ia berharap bisa mengetahui perkara yang dituduhkan kepada Roy saat mendampingi pemerik­saan. Sehari sebelum Roy diper­iksa, pengacara Lukas lainnya OC Kaligis melayangkan protes lantaran tak bisa masuk KPK.

“Pak Lukas minta saya datang kemari untuk mendampingi dia, tapi penyidik nggak mengizinkan,” omelnya di depan Gedung Merah Putih KPK, Kamis (4/5).

Baca juga : Masih Pakai Baju Toga, Pengacara Lukas Enembe Ditahan KPK

“Kalau nggak dikasih mau apa lagi, kita menghadapi yang kua­sa,” pengacara gaek itu kesal.

Kaligis kembali jadi pengac­ara setelah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin. Advokat senior itu ditangkap KPK karena menyuap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

Pada Maret 2022, Kaligis mendapat cuti menjelang bebas setelah enam tahun mendekam di penjara. Kaligis bergabung sebagai tim penasihat hukum Lukas Enembe paling belakang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.