Dark/Light Mode

Hari Kedua KTT ASEAN ke-42

Cakep Nih! Para Pemimpin ASEAN Kenakan Baju Tenun Songke Manggarai

Kamis, 11 Mei 2023 14:14 WIB
Sesi foto bersama pempinin ASEAN, Kamis (11/05/2023), di Labuan Bajo. (Foto: ASEAN2023 Host Photographer)
Sesi foto bersama pempinin ASEAN, Kamis (11/05/2023), di Labuan Bajo. (Foto: ASEAN2023 Host Photographer)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ke-2 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/05) kembali menarik perhatian. Pasalnya, para pemimpin negara ASEAN kompak mengenakan baju tenun songke Manggarai.

Songke merupakan jenis tenun khas masyarakat Manggarai yang biasanya dikenakan pada acara adat seperti kenduri, membuka ladang, dan musyawarah. 

Baca juga : Disambut Menkes Budi, PM Kamboja Tiba di Labuan Bajo

Kain tenun ini memiliki warna dasar hitam dengan benang sulam berwarna mencolok seperti merah, putih, oranye, dan kuning. 

Setiap motif pada tenun ini memiliki arti dan harapan dari masyarakat Manggarai dalam mencapai kesejahteraan hidup, kesehatan, dan hubungan yang baik antara manusia dan lingkungan sekitar.

Baca juga : Dirut PLN Pimpin Apel Siaga Kelistrikan Bersama Gubernur NTT

Presiden Jokowi sendiri tampak mengenakan tenun berwarna biru ketika menyambut kedatangan para pemimpin ASEAN di Hotel Meruorah. 

Pada saat para pemimpin berkumpul di ruang tunggu naratetama lobi hotel, Presiden Jokowi mengajak untuk berfoto bersama dengan latar belakang kapal pinisi. Seluruh pemimpin tampak menyilangkan tangannya dan bergandengan.

Baca juga : Dirut PLN Pimpin Apel Siaga Kelistrikan Bersama Gubernur NTT

Lalu para pemimpin negara mengikuti Sesi Retreat KTT ke-42 ASEAN yang dilangsungkan di Komodo Ballroom di Meruorah Convention Center.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.