Dark/Light Mode

Soal Dukungan Capres, Relawan Solmet Tunggu Arahan Jokowi

Jumat, 12 Mei 2023 09:52 WIB
Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina bersama Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina bersama Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina mengatakan bahwa organisasi relawan yang dipimpinnya belum mendukung calon presiden manapun di tengah euforia dukung mendukung Capres 2024.

Hal ini menjadi keputusan Solmet usai melakukan rapat koordinasi yang diikuti secara online oleh seluruh pengurus Solmet hingga cabang luar negeri.

"Kami fokus penguatan organisasi dan kerja nyata untuk kesejahteraan anggota dan rakyat ke depan," kata Silfester dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (12/5).

Dia mengungkapkan, Solmet akan bermetamorfosis menjadi rumah besar nasionalis yang berjuang kerja nyata untuk rakyat dan menjaga NKRI.

Baca juga : OSO Anggap Kader Hanura

Karena itu, Solmet akan menjatuhkan pilihan kepada capres yang punya rekam jejak, visi misi dan integritas yang mentereng.

"Tentunya yang tidak sombong ke rakyat dan mampu mengambil keputusan strategis tanpa takut kepada oligarki partai dan pengusaha, serta setia menjaga Pancasila dan NKRI seperti halnya Pak Jokowi, salah satu Presiden terbaik di dunia dan negarawan sejati," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menyebut pihaknya tidak akan terburu-buru mendukung capres yang berlaga di Pilpres 2024. Sebab, Solmet akan menentukan pilihan di 2024 setelah adanya pasangan calon yang lengkap.

"Kami menunggu arahan dan komando dari Presiden Jokowi," ucap dia.

Baca juga : KPU Pastikan Sesuai Aturan

Apa yang menjadi putusan Jokowi, Solmet bakal patuh. "Untuk itu saya selaku ketum Solmet meminta kepada seluruh keluarga besar Solmet yang berada di seluruh Indonesia dan luar negeri agar tetap solid untuk membangun organisasi dahulu. Terjun dampingi dan berjuang untuk rakyat. Tetap dukung dan kawal pemerintahan Presiden Jokowi dan tidak buru-buru mendukung pencapresan," papar Silfester.

Dia berharap pengurus Solmet tidak hanya ikut-ikutan. Mendukung pencapresan hanya karena capresnya populer. Padahal kinerjanya lemah dan berakhir penyesalan. "Jangan sampai karena salah pilih akhirnya mengorbankan anak cucu dan bangsa kita ke depannya," pinta dia.

Menurutnya, waktu masih panjang untuk menjatuhkan pilihan dukungan. Karena itu semua manuver politik yang dialkukan elit politik belum ada pasti. Masih bisa berubah.

Solmet juga akan berdiskusi serta meminta arahan dan menunggu komando Pak Jokowi. Karena Jokowi pasti akan memberikan arahan yang terbaik kepada siapa kapal besar relawannya berlabuh.

Baca juga : Pengadaan Gerbong Kereta Sudah Urgent

Apabila sudah ada capres dan cawapres yang ideal dan hebat, Solmet akan bergerak di seluruh Indonesia dan luar negeri untuk memenangkan capres dan cawapres pilihan rakyat Indonesia. Seperti dahulu memenangkan Jokowi di 2014 dan 2019.

"Kami percaya bahwa capres yang didukung Presiden Jokowi akan menang di Pilpres 2024," tutup Silfester. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.