Dark/Light Mode

Silaturahmi Ke PP Polri

Menhan Prabowo Bicara Soal Kerukunan, Tak Ada Pembicaraan Politik

Senin, 15 Mei 2023 22:05 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menggelar konferensi pers usai bersilaturahmi dengan para purnawirawan Polri yang bergabung dalam Persatuan Purnawirawan (PP) Polri di kantor PP Polri, The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (15/5). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menggelar konferensi pers usai bersilaturahmi dengan para purnawirawan Polri yang bergabung dalam Persatuan Purnawirawan (PP) Polri di kantor PP Polri, The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (15/5). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan para purnawirawan Polri yang bergabung dalam Persatuan Purnawirawan (PP) Polri.

Pertemuan itu berlangsung di kantor PP Polri, The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (15/5). Silaturahmi ini digelar tertutup, dan berlangsung selama sekitar dua jam.

Usai pertemuan, Prabowo menjelaskan tentang maksud dan tujuannya datang ke acara silaturahmi ini.

Yakni, ingin mendapat banyak informasi tentang perkembangan organisasi yang dipimpin mantan Kapolri periode 2008-2010, Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri.

Baca juga : Prabowo Ajak Jaga Kerukunan, Agar Bawa Indonesia Bisa Jadi Negara Makmur

"Saya memang sedang berusaha untuk mendatangi komponen-komponen bangsa yang punya pengaruh dan jaringan ke seluruh nusantara. Saya sudah ke PP AD, sudah di tokoh-tokoh ABRI dan sebagainya," ujar Prabowo.

Dia mengaku, saat pertemuan dirinya juga menjelaskan tentang keberhasilan pemerintahan Presiden Jokowi dalam menangani krisis pandemi Covid-19. Dia meminta seluruh pihak bersyukur atas keberhasilan tersebut.

"Indonesia itu termasuk negara yang mampu mengatasi krisis yang sangat berbahaya, Covid. Kita juga diakui banyak negara karena cepatnya proses penanganan, tanpa mengorbankan kondisi ekonomi, serta rakyat yang kala ini paling besar terkena dampak penyebaran virus tersebut," ungkapnya.

Prabowo mengaku mendapat banyak pelajaran dalam pertemuan tersebut. Mulai dari bidang ekonomi, keamanan negara, sampai membangun sebuah organisasi hebat seperti PP Polri.

Baca juga : Silaturahmi Dan Pencarian Dukungan

"Saya benar-benar banyak belajar tadi, karena disini memang ada tokoh-tokohnya. Mudah-mudahan semua garis, semua lini, bisa ikuti jejak sekalian," beber Pranowo.

Dia pun berpesan, kunci keberhasilan dari kemajuan sebuah bangsa adalah persatuan. Karena itu dia meminta seluruh elite bangsa saling bekerjasama dan hidup dalam kerukunan.

"Kunci ini memang gampang diucap, tapi susah untuk dijalani. Tapi, kita harus berupaya solid karena di Indonesia terdapat banyak suku, ras, dan agama. Kita harus hidup rukun," tutupnya.

Sementara Ketua Umum PP Polri Bambang Hendarso Danuri menegaskan, tidak ada bahasan mengenai Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 dalam perbincangan mereka.

Baca juga : Muhadjir Bakal Kunjungi Prabowo Di Hambalang, Bahas Politik?

“Silaturahmi murni sebagai Menhan. Tidak ada sama sekali (hubungannya dengan Pilpres). Demi Allah tidak bicara Pilpres,” ujar BHD, sapaan akrab Bambang.

Dia bercerita, Prabowo banyak menyampaikan ihwal kondisi terkini pertahanan RI. Selain itu, kata dia, Menteri Pertahanan itu turut menyampaikan kiat-kiat yang dilakukan untuk menghadapi tantangan global.

BHD mengaku lembaganya sangat bangga dengan Prabowo. Selain paparan yang memukau, dia mengaku senang karena baru kali ini Prabowo menyambangi kantornya dan bersua dengan jajaran pengurus.

“Kami bangga dengan apa yang disampaikan beliau. Tentunya beliau silaturahmi yang pertama di PP Polri, untuk itu kami ucapkan terima kasih,” pujinya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.