Dark/Light Mode

Meski Tak Selamanya Sependapat

Jokowi Pastikan, Pemerintah Terima, Hormati, Dan Laksanakan Putusan MK

Rabu, 24 Mei 2023 15:11 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato sidang pleno khusus penyampaian laporan tahun 2022 Mahkamah Konstitusi (MK). Pidato disampaikan secara virtual, Rabu (24/5). (Foto: Tangkapan layar video YouTube Mahkamah Konstitusi RI)
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato sidang pleno khusus penyampaian laporan tahun 2022 Mahkamah Konstitusi (MK). Pidato disampaikan secara virtual, Rabu (24/5). (Foto: Tangkapan layar video YouTube Mahkamah Konstitusi RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintahan di bawah komandonya akan selalu menghormati dan melaksanakan setiap putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Meskipun putusan MK kadang kala tak sependapat dengan pemerintah.

Komitmen itu disampaikan Kepala negara saat menyampaikan pidatonya di sidang pleno khusus penyampaian laporan tahun 2022 di Gedung MK, Rabu (25/5). Sidang pleno ini dipimpin langsung oleh Ketua MK Anwar Usman.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras hakim konstitusi selama ini dalam menegakkan keadilan konstitusi. 

Baca juga : Jokowi Pastikan, Jalan Rusak Di Lampung Diambil Alih Pemerintah Pusat

Menurutnya, constotutional justice adalah kunci dari demokrasi, HAM dan kepastian hukum. Meskipun dalam perjalananya, MK dan pemerintah tak sejalan.

"Memang tidak selamanya pemerintah sependapat dengan pandangan Mahkamah Konstitusi, tetapi pemerintah selalu menerima, menghormati dan melaksanakan," tegas Jokowi.

Ia berkeyakinan bahwa kehidupan bernegara akan tertata dengan baik jika diselenggarakan berdasarkan konstitusi.

Baca juga : Lestari Ingin Semua Pihak Pastikan Arus Mudik Aman Dan Nyaman

Jokowi juga berpandangan bahwa cepat atau tidaknya penerbitan putusan akan sangat menentukan kualitas putusan MK. Terutama dalam menangangi sengketa pemilu. "Keadilan yang tertunda terlalu lama adalah ketidakadilan itu sendiri," pesan Jokowi. 

Jokowi juga mendorong agar MK terus mengawal konstitusi dan demokrasi. Karena menurutnya, peran MK cukup strategis dalam menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi rakyat.

"Saya percaya MK telah dan akan terus bekerja keras untuk menjaga konstitusi dan mengawal demokrasi. Demi menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.