Dark/Light Mode

Dikunjungi Capres, Elite Partai Sampai Konglomerat

Gibran Namanya Jadi Besar

Minggu, 28 Mei 2023 08:00 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Watubun (kanan) memberikan keterangan pers usai mengelar pertemuan tertutup di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/5/2023). (Foto: Antara).
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Watubun (kanan) memberikan keterangan pers usai mengelar pertemuan tertutup di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/5/2023). (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
“Saya kira nanti (kalau gugatan tersebut dikabulkan) akan ada banyak kejutan. Nah ini harus dipahami sebagai peristiwa politik tidak biasa,” kata Yandri, kemarin.

Yandri menilai, gugatan itu tak datang tiba-tiba begit saja. Pasti ada maksud di belakangnya. Ia lalu menyinggung soal sosok Gibran dan peluangnya menjadi cawapres. “Menurut pandangan saya akan ada kejutan politik. Gibran itu berpeluang juga untuk diusung sebagai cawapres. Kita tunggu saja,” ungkapnya.

Besarnya pengaruh Gibran ini diakui juga oleh Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun. Dia mengibaratkan Gibran itu seperti gula. Alhasil, banyak semut yang mendatangi Gibran.

Baca juga : Hotman Paris Siap Bantu Korban KDRT Yang Jadi Tersangka, Netizen Girang

Nah, kata menurut dia, semut-semut yang mendatangi Gibran ini ada yang berniat baik ada juga yang mau menjerumuskan. Karena itu, ia mewanti-wanti Gibran agar pintar menjaga diri. Nasihat tersebut disampaikan Komaruddin saat menerima Gibran di DPP PDIP, Jakarta Senin, lalu.

Kenapa Gibran menjadi magnet bagi para capres? Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno mengatakan, posisi Gibran saat ini bukan hanya sebagai Wali Kota Solo, tapi juga sebagai putra sulung Jokowi yang menjabat sebagai presiden dua periode. Karena itu wajar kalau Gibran punya pengaruh besar di dunia politik sehingga didekati para capres.

Kata dia, banyak kepala daerah yang berprestasi dan cukup baik. Namun, nyaris tidak pernah dikunjungi atau diajak bersilaturahmi dengan Prabowo atau Ganjar.

Baca juga : Ganjar Disayang Warga Jawa Barat

Berbeda dengan Gibran, yang seperti didekati para capres. “Karena wajah Gibran itu adalah wajah lain dari Jokowi. Karena itu aktivitas Gibran dan arah politiknya akan dianggap sebagai duplikat politik ayahnya,” kata Adi, kemarin.

Menurut Adi, wajar kalau PDIP kurang sreg saat melihat Gibran merapat ke Prabowo. Soalnya, PDIP sudah menetapkan capresnya sendiri yaitu Ganjar Pranowo.

Adi menilai, Gibran saat ini ibarat gula yang dikerubungi banyak semut. Banyak pihak yang mengharapkan berkah Gibran karena berharap dukungan dari Jokowi. “Karena Jokowi itu seorang presiden yang dinilai punya pengaruh dan pengikut yang cukup luas,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.