Dark/Light Mode

KPK Sita Tempat Kos Milik Rafael

Ada Rubicon Parkir Ditutupi Kain Hitam

Sabtu, 3 Juni 2023 07:30 WIB
Tersangka mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo (RAT), usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (25/5/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Tersangka mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo (RAT), usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (25/5/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo diduga memiliki aset ratusan miliaran. Satu per satu asetnya disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di antaranya rumah kos di ka­wasan Blok M Jakarta Selatan dan kontrakan di Srengseng, Jakarta Barat.

Tempat kos elite dua lantaiyang dikelola salah satu anak Rafael, terletak di Jalan Mendawai INomor 92 RT 04 RW 07 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tak jauh dari Taman Ayodya.

Baca juga : Periksa Mario Dandy, KPK Dalami Kepemilikan Rubicon Yang Dipakai Ketika Aniaya David Ozora

Saat disambangi Rakyat Merdeka, Jumat (2/6) siang, suasananya tampak sepi. Bahkan tak ada penjaga kosan di pos penjagaan. Mobil Kijang Innova hitam pelat dan mobil diduga Rubicon yang terbungkus kain hitam parkir di teras. Tiga motor parkir di dekat bangunan pos penjagaan berwarna biru.

Tak tampak seorang pun yang masuk maupun keluar kosan. Terlihat dari luar, di dalam ruangan pun kelihatan sepi. Pada lantai 2 tampak juga lima balkon. Gorden jendela kamarnya tertutupsemua. Demikian juga gorden kamar di lantai bawah.

Di tempat kos bertarif Rp4 jutaper bulan ini belum dipasang pengumuman penyitaan oleh KPK.

Baca juga : KPK Dalami Kepemilikan Aset Rafael Alun Lewat Adik Kandungnya

Aris, satpam di kawasan itu mengungkapkan penjaga kos bernama Albert kini jarang terlihat. “Sejak orang KPK ada datang ke sini, Albert sering pergi-pergi,” katanya.

Biasanya, pagi hari Albert ada di tempat kos lalu pergi. Malam hari kembali menjaga tempat kos.

Aset kontrakan Rafael di Srengseng, Jakarta Barat memi­liki 21 pintu. Letaknya di Jalan Raya Srengseng RT 05 RW 02 Nomor 36. Tak jauh dari kantor Kelurahan Srengseng.

Baca juga : KPK Telusuri Aset Rafael Alun Yang Dibeli Pakai Duit Gratifikasi

Bagian depan kompleks kon­trakan itu tampak rimbun di­tanami pohon bambu hias yang menjulang tinggi. Di tempat ini juga tidak ada tanda penyitaan KPK.

Penjaga kontrakan, Martinus Jon (51), mengaku sudah bekerja di sini sejak 2010. Bahkan sejak kontrakan belum dibangun.

Dikatakan pria asal Larantuka, Nusa Tenggara Timur ini, dari 21 unit kontrakan tersebut, saat ini hanya 9 unit yang terisi. Harga sewa bervariasi antara Rp 1,8 juta hingga Rp 2,2 juta. Tergantung ukuran dan jumlah ruangannya. Tarif sewa itu be­lum termasuk biaya listrik, yang tentunya bervariasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.