Dark/Light Mode

LSI Denny JA:

Kalau Anies Gagal Raih Tiket, Prabowo Unggul Telak Atas Ganjar

Senin, 5 Juni 2023 15:52 WIB
Peneliti senior LSI Denny JA, Ade Mulyana saat konferensi pers hasil survei LSI Denny JA di kantornya, Jakarta Timur, Senin (5/6). (Foto: Istimewa)
Peneliti senior LSI Denny JA, Ade Mulyana saat konferensi pers hasil survei LSI Denny JA di kantornya, Jakarta Timur, Senin (5/6). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Lantas siapa cawapres Prabowo dan Ganjar? Jika Anies gagal mendapatkan tiket capres dari Koalisi Perubahan, maka kartu Partai Golkar justru lebih hidup. Golkar dapat membuat Anies memperoleh tiket capres cukup dengan berkoalisi dengan salah satu partai. Golkar akan memiliki daya tawar (bargaining) lebih kuat lagi.

"Golkar dapat menggertak. Jika Airlangga Hartarto tak menjadi cawapres Ganjar atau Prabowo, dia bersama partai lain dapat menghidupkan kembali tiket capres Anies Baswedan," tuturnya.

Baca juga : Di Provinsi Jatim, Elektabilitas Prabowo Tinggalkan Ganjar

Golkar diyakini tak akan nekat mencapreskan Anies. Jika demikian, peringkat pertama cawapres mengerucut kepada Anies Baswedan verses Airlangga Hartarto. Anies bisa menambah elektabilitas capres, berbeda dengan cawapres lain.

Tetapi Anies tidak membawa partai besar, sumber dana, dan pengalaman di pemerintah pusat. Anies juga bisa menjadi matahari kembar bagi presiden terpilih nanti.

Baca juga : Survei LSI Denny JA: Jateng Dan Jatim Jadi Tempat ‘Perang’ Prabowo Vs Ganjar

Sebaliknya, lanjutnya, Airlangga memang tidak menambah elektabilitas Capres secara langsung melalui personal diri. Tetapi, Airlangga bisa mempengaruhi elektabilitas capres secara tidak langsung. Karena membawa mesin partai besar, sumber dana, pengalaman di pemerintah pusat untuk isu ekonomi.  

"Belum tentu upaya menggagalkan Anies sebagai capres 2024 berhasil. Semakin ditekan justru semakin hidup. Koalisi Perubahan dapat memainkan kartu diperlakukan tak adil, atau dizalimi untuk mendapatkan simpati ekstra dari pemilih. Namun jika benar akhirnya Anies Baswedan tak dapat tiket capres, maka Pilpres akan selesai lebih cepat. Ini akan menjadi Pilpres tanpa putaran kedua," pungkasnya.

Baca juga : Dianggap Mampu Benahi Ekonomi, Prabowo Capres Strong Leader

LSI Denny JA melakuka survei tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2.9 persen. Survei dilakukan pada tanggal 3-14 Mei 2023.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa atas isu paling mutakhir dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.