Dark/Light Mode

Jokowi-Prabowo Akrab Di Malaysia, Pengamat: Mereka Saling Dukung

Kamis, 8 Juni 2023 14:47 WIB
Momen saat Menhan Prabowo Subianto menyambut kedatangan Presiden Jokowi, dalam kunjungan ke Malaysia, Rabu (7/6). (Foto: Istimewa)
Momen saat Menhan Prabowo Subianto menyambut kedatangan Presiden Jokowi, dalam kunjungan ke Malaysia, Rabu (7/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin memandang, keakraban Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Malaysia menunjukkan hubungan baik keduanya. Keakraban itu menunjukkan bahwa Jokowi dan Prabowo saling mendukung.

Momen akrab terlihat saat Prabowo menyambut kedatangan Jokowi dalam kunjungan kerja ke Malaysia, Rabu (7/6). Keduanya sempat bercengkrama dan saling melempar tawa saat penyambutan. 

Baca juga : Usulan Prabowo Soal Rusia-Ukraina Disorot, Pengamat Ingatkan Sosok Bung Karno

"Ini menunjukkan bahwa Prabowo dan Jokowi memang bersahabat. Prabowo dan Jokowi saling mendukung, baik terkait kebijakan pemerintahan maupun dalam konteks perkawanan," kata Ujang, Kamis (8/6).

Ujang menyebut, kehangatan keduanya tampak sama seperti biasa di tengah sorotan usulan solusi perdamaian Ukraina dan Rusia yang sebelumnya diungkap Prabowo. Ia melihat, hal itu menjadi bukti kedekatan Jokowi dan Prabowo.

Baca juga : Jokowi Dan Ibu Iriana Ke Singapura Dan Malaysia, Ini Agenda Pentingnya

"Saya melihat Pak Prabowo sebagai sosok yang tegas, pemberani dan punya nyali. Tidak semua pemimpin bisa melakukan itu. Saya melihat candaan Jokowi dan Prabowo memberikan sinyal kuat bahwa mereka saling sepakat, saling dukung satu sama lain," lanjutnya.

Selain itu, ia juga berpendapat sikap santai Jokowi kepada Prabowo bersifat positif. Artinya, ini berkaitan kinerja baik Prabowo selama Jokowi memimpin negara.

Baca juga : Jaksa Ajukan Banding Teddy Minahasa, Pengacara: Niat Sekali Hilangkan Nyawa Orang

"Artinya, mereka bersatu, mereka saling support. Itu membuktikan bahwa Prabowo selama ini jadi pemimpin yang asyik-asyik saja, baik-baik saja," ucap Ujang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.