Dark/Light Mode

Sambut Idul Adha, Laznas BMH Hadirkan Program Qurban Bukti Nyata Kebaikan

Senin, 12 Juni 2023 08:48 WIB
Penyerahan heran kurban melalui Program Lumbung Ternak BMH. (Foto: Dok. BMH)
Penyerahan heran kurban melalui Program Lumbung Ternak BMH. (Foto: Dok. BMH)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut Idul Adha 1444 H, Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) memberikan dampak kebaikan yang nyata bagi masyarakat pedalaman, peternak pelosok, dan para santri yatim piatu di seluruh Indonesia melalui Qurban Lumbung Ternak BMH. Laznas BMH juga ikut menggerakkan dakwah pencerahan secara langsung para dai tangguh di pedalaman dan perbatasan serta kepulauan Indonesia

Kepala Humas BMH Pusat Imam Nawawi mengatakan, kurban di BMH akan membantu pemerintah menggerakkan roda ekonomi, menghidupkan kehangatan sosial masyarakat, serta menghadirkan pemenuhan kebutuhan gizi bagi masyarakat pedalaman yang umumnya dalam setahun, hanya makan daging saat tiba hari Idul Adha.

"Dengan jaringan di 34 provinsi, BMH merupakan lembaga yang tepat jadi mitra kaum Muslimin yang ingin berkurban dengan memberikan bukti nyata kebaikan berupa kebahagiaan kepada sesama nun jauh di sana. Yang tak ada listrik, yang sangat jarang memakan daging, dan tentu saja yang hidup dalam segenap keterbatasan" jelas Imam, dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/6).

Baca juga : DatascripMall.ID Hadirkan Promo Business Solution Day pada Juni 2023

Menurutnya, Program Lumbung Ternak BMH hadir dilatarbelakangi oleh idealisme untuk memenuhi tersedianya hewan kurban yang berkualitas, sesuai syariah. Program ini telah berlangsung sejak 2020, tersebar di 4 titik, seperti Baduy, Lebak; Jasinga, Bogor; Gunungkidul, Yogyakarta; dan Noemuke, NTT. Hal itu juga didorong oleh kiprah BMH selama ini, yang setiap tahun menyalurkan ribuan hewan kurban ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara dengan penerima manfaat mencapai ratusan ribu jiwa.

"Agar momentum Idul Adha tidak saja memudahkan orang yang ingin berkurban, tetapi juga memberi dampak pemberdayaan, maka Lumbung Ternak BMH hadirkan sebagai wadah bersama meningkatkan ekonomi peternak di pelosok-pelosok" ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, skill peternak meningkat, ekonomi bergerak, dan hewan yang mereka pelihara akan jadi hewan kurban yang memudahkan umat Islam menjalankan sunnah di Hari Raya Idul Adha.

Baca juga : Sambut Hangat Ibu Negara Iran, Iriana Gelar Jamuan Teh Bersama Di Kebun Raya Bogor

Program Lumbung Ternak BMH mendapat dukungan positif dari PT Paragon dan UPZ Bank DKI. Sinergi ini telah menghadirkan program Lumbung Ternak berjalan dengan baik sampai sekarang dan semoga terus berkelanjutan.

BMH juga memastikan, pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) diarahkan pada pemberdayaan secara ekonomi bagi masyarakat pelosok dan pedalaman. "Sebagaimana poin dalam pembangunan berkelanjutan (SDGs) bahwa kita perlu memberikan pekerjaan yang layak untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar Imam.

Dalam kata yang lain, lanjut Imam, Program Lumbung Ternak menjawab kebutuhan hewan kurban sekaligus membuka kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh. "Sisi yang tak kalah penting, dengan Program Lumbung Ternak ada pembinaan moral dan peningkatan skill dalam beragam program upgrading BMH yang dilakukan bersama dai-dai pedalaman, yakni mereka yang kita sebut dai tangguh BMH," pungkas Imam.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.