Dark/Light Mode

Jelang Puncak ASCN Annual Meeting, Ditjen Bina Adwil Gelar Diskusi Ke-4 ASCN

Jumat, 23 Juni 2023 17:05 WIB
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan sekaligus National Representative NR ASCN Indonesia, Safrizal ZA. (Foto: Dok. Kemendagri)
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan sekaligus National Representative NR ASCN Indonesia, Safrizal ZA. (Foto: Dok. Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sukses menggelar tiga rangkaian diskusi, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) kembali menggelar Seri-4 ASEAN Smart City Network (ASCN) yang melibatkan narasumber dan partisipan dari dalam dan luar negeri.

Diskusi Seri-4 yang akan dihelat secara hybrid di Fox Hotel Jimbaran ini merupakan diskusi putaran akhir sebelum pertemuan puncak tahunan ASCN pada Bulan Juli mendatang di Bali.

Baca juga : Dua Awak Kapal China Ditemukan, Belum Dipastikan ABK WNI

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan sekaligus National Representative (NR) ASCN Indonesia, Safrizal ZA, secara resmi membuka dan menyampaikan sambutannya dalam gelaran tersebut, Rabu (21/6).

"Tema 4th ASCN Discussion kali ini menyoroti aspek Civic, Social, Health, and Well-Being yang merefleksikan tata kelola Kota Cerdas sebagai Solusi Cerdas yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan," ujar Safrizal.

Baca juga : Sidang ASCC Ke-29 Matangkan Komitmen 4 Pilar Sosbud ASEAN

Safrizal mengatakan, hal ini harus menjadi concern bersama, terutama dalam kaitannya dengan upaya pemenuhan pelayanan bagi publik secara luas.

Berbagai permasalahan perkotaan mulai dari transportasi, hunian, pelestarian lingkungan hingga ketentraman dan ketertiban masyarakat telah menjadi masalah klasik di kota-kota saat ini.

Baca juga : KPK Tunjuk Asep Guntur Jadi Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi

Belum lagi arus urbanisasi yang terus menambah kepadatan penduduk di perkotaan. Isu-isu strategis tersebut turut mengemuka dalam Seri-4 Diskusi ASCN.

“Masalah klasikal tidak bisa lagi diselesaikan dengan cara-cara konvensional, namun harus menempatkan terobosan dan inovasi sebagai ujung tombaknya karena begitu masifnya perkembangan teknologi informasi saat ini, ” ujar Safrizal dalam keterangannya, Jumat (23/6).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.