Dark/Light Mode

Dua Awak Kapal China Ditemukan, Belum Dipastikan ABK WNI

Jumat, 19 Mei 2023 17:27 WIB
Dua Awak Kapal China Ditemukan, Belum Dipastikan ABK WNI

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) mendapat informasi bahwa telah ditemukan dua jenazah dalam pencarian awak kapal China, Lu Peng Yuan Yu 028, Kamis (18/5). Namun belum bisa dipastikan apakah jenazah tersebut merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Direktur Pelindungan WNI (PWNI) Kemlu, Judha Nugraha mengatakan, pihaknya tengah menunggu hasil identifikasi kedua jenazah itu.

Baca juga : Dasco: Prabowo Ketemu SBY Di Pacitan Pekan Ini

"Kemlu telah berkomunikasi dengan Kedubes RRT (China). Saat ini jenazah sudah diangkut ke kapal. Proses identifikasi masih memerlukan waktu," kata Judha, Jumat (19/5).

Sebelumnya, Kemlu RI bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berkoordinasi dengan otoritas Australia untuk mencari awak kapal China yang tenggelam di Samudera Hindia.

Baca juga : Kondisi Kapal China Tenggelam Bawa 17 WNI

Di antara awak kapal itu, 17 orang adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Kapal tersebut diawaki 39 orang, yang terdiri dari 17 warga China, 17 WNI, dan lima warga Filipina.

Berdasarkan informasi Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA), kapal penangkap ikan berbendera China, Lu Peng Yuan Yu 028, itu telah ditemukan dalam keadaan terbalik.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.