Dark/Light Mode

Rudi, Selamat Bertemu Ainun

Kamis, 12 September 2019 06:47 WIB
Hasri Ainun Besari (Ainun Habibie) dan Bacharuddin Jusuf Habibie semasa masih hidup. (Foto: Istimewa).
Hasri Ainun Besari (Ainun Habibie) dan Bacharuddin Jusuf Habibie semasa masih hidup. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Pemerintah pun memutuskan untuk menetapkan hari berkabung nasional selama 3 hari ke depan atau hingga Sabtu nanti.

Keputusan itu disampaikan Mensesneg Pratikno di Istana, Jakarta, kemarin. Pratikno juga mengimbau masyarakat, juga kantor pemerintah baik di dalam maupun luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Habibie rencananya akan dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Kuburan Habibie dan Ainun akan menempati berdampingan.

Kabar duka ini membuat jagat maya ikut berduka. Linimasa Twitter dihujani ucapan selamat jalan teriring doa kepada sang jenius itu. Berbagai kisah dan kenangan bersama pak Habibie ikut berseliweran.

Baca juga : Moeldoko: Jokowi Segera Bertemu Tokoh Papua

Dari pantauan rakyat Merdeka pukul 9 tadi malam, 9 dari 10 daftar trending topic terkait wafatnya Habibie. Kata kunci itu misalnya #pakHabibie, #BJHabibie, #IndonesiaBerduka #restIn peace.

Kata kunci pak Habibie disebut lebih dari 224 ribu kali. Kata kunci Mr Crack juga merangsek di daftar trending topic. Mr Crack adalah julukan kepada Habibie atas sumbangsih besar pada teknologi pesawat terbang dunia, yaitu crack progression.

Ucapan belasungkawa antara lain disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kata dia, jutaan anak tumbuh dengan nasihat dari orangtuanya untuk belajar yang rajin, agar kalau besar nanti bisa pintar seperti pak Habibie.

“Pak Habibie, Sang Guru Bangsa, telah berpulang, tapi inspirasinya tetap hidup. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un,” cuit @aniesBaswedan.

Baca juga : Ronaldo-Messi, Teman Tapi Saingan

Mantan Ketum Golkar aburizal Bakrie atau Ical juga membagikan kenangannya bersama Habibie di akun @ aburizalbakrie. Ical mengaku setiap ada waktu sering bersilaturahmi kediaman Habibie di Jerman maupun di Jakarta.

Kata dia, rasanya baru kemarin jalan-jalan di Jerman, berdiskusi soal Golkar, soal politik, ekonomi, teknologi, sampai pesawat R80 yang sedang dibangunnya.

Tak menyangka kini beliau sudah tiada. Meski begitu, ia yakin karyanya, ilmunya, tetap abadi, dikenang Bangsa Indonesia dan dunia, serta Insyaallah menjadi amal jariyah untuk beliau.

“Selamat Jalan Mas Rudi. Terima kasih atas persahabatan, nasihat, dan ilmunya selama ini,” ujarnya. Akun @aulianegara menyebut Habibie adalah ilmuwan yang fenomenal dengan 46 hak paten di dunia penerbangan.

Baca juga : Ucapan Selamat Idul Adha Dari Pemimpin Dunia

“We will always remember you, Mr. Crack!,” ujarnya. Melanie Subono ikut membagikan kenangannya. “Selamat jalan, eyang. puas puasin kangen kangenan sama eyang Ainun ya. Sampai ketemu di keabadian,” cuit @melaniesubono. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.