Dark/Light Mode

Indikator: Publik Percaya Kasus Johnny Plate Murni Hukum

Senin, 3 Juli 2023 11:01 WIB
Johnny G Plate (Foto: Ist)
Johnny G Plate (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru, Kejaksaan Agung (Kejagung) meraih puncak tertinggi kepercayaan publik atas kinerjanya dari survei-survei sebelumnya.

Korps Adhyaksa meraih 81,2 persen dalam kategori Kepercayaan Terhadap Lembaga Negara. Survei juga merilis mengenai perkara dugaan korupsi Base Transceiver Station (BTS) Kementerian Komunikasi Informasi (Kominfo) yang menyeret menterinya, Johnny Gerard Plate.

Hasil survei menyebut, sebanyak 50,4 persen masyarakat percaya penanganan kasus tersebut oleh Kejagung adalah murni persoalan hukum.

Sementara 36,3 persen responden menilainya lebih bermuatan politik, dan sisanya 13,3 persen menjawab tidak tahu.

Baca juga : Indikator: Kepercayaan Ke Kejaksaan, Polri Dan KPK Konsisten Naik, Ini Sebabnya

Survei juga menyebut, Kejagung dinilai paling tinggi tingkat kepercayaannya dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

"Adapun tingkat kepercayaan terhadap Kejaksaan ini mengalami peningkatan dibandingkan April 2023 lalu, dengan persentase 80,6 persen," ungkap Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana melalui keterangan tertulisnya, Minggu (2/7).

Kapuspenkum juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada Kejaksaan.

Menurutnya, upaya Kejaksaan dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, semata-mata untuk kepentingan masyarakat luas khususnya para pencari keadilan.

Baca juga : Selasa Depan, Johnny Plate Disidangkan

"Dan menjaga marwah institusi Kejaksaan sebagaimana arahan Jaksa Agung," tandasnya.

Sementara Direktur Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan, setahun terakhir ini, tingkat kepercayaan terhadap Kejagung sangat konsisten dan terus meningkat.

Ia memaparkan hasil survei itu secara virtual dengan tajuk ‘Evaluasi Publik Atas Kinerja Lembaga Penegak Hukum dan Perpajakan’, seperti dikutip dari akun YouTube lembaga survei tersebut, Minggu (2/7).

Dirinya juga menjelaskan, terkait peningkatan kepercayaan publik pada Kejagung di tahun 2023.

Baca juga : Arema FC Percaya Kualitas Pemain Muda Timnas

Survei sebelumnya pada Februari kemarin, Kejagung mencapai angka 77,8 persen. Dengan menyentuh 81,2 persen pada Juni ini, kenaikannya sangat signifikan.

Survei yang digelar Indikator Politik Indonesia ini dilakukan pada 20-24 Juni 2023. Survei melibatkan 1.220 responden, di mana tingkat kepercayaannya mencapai 95 persen, dan margin of error survei +/- 2,9 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.